Wasir Eksternal – Penyebab dan Pengobatan

Wasir internal (HOOR-rou-ds), juga dikenal sebagai wasir, adalah pembengkakan pembuluh darah di rektum bagian bawah dan anus, seperti varises, tetapi ukurannya jauh lebih kecil. Wasir internal dapat berkembang di dalam saluran anus (di dalam dinding dubur) atau di sekitar anus (di luar dinding dubur). Wasir internal ini mungkin sangat menyakitkan, dan kebanyakan orang tidak mengalami kelegaan dari episode wasir ini tanpa bantuan dokter.

Wasir internal dapat disebabkan oleh banyak faktor. Mereka mungkin disebabkan oleh pembuluh darah yang lemah atau oleh ketegangan yang disebabkan oleh buang air besar. Mereka dapat disebabkan oleh pola makan yang buruk, terlalu banyak mengejan saat buang air besar, kehamilan, obesitas, atau kondisi medis tertentu seperti HIV dan penyakit Crohn. Namun, bahkan jika wasir internal tidak disebabkan oleh kondisi medis, tetap penting untuk menemui dokter ketika Anda melihat segala jenis pembengkakan, nyeri, gatal, atau keluarnya cairan di sekitar anus Anda. Ini bisa menjadi tanda pertama dari kondisi medis yang berpotensi serius.

Tanda kedua dari wasir luar adalah pendarahan. Ini dapat disebabkan oleh infeksi saluran anus atau jaringan di sekitar saluran anus. Pendarahan dari wasir luar sangat penting untuk diobati karena dapat mengindikasikan perlunya pembedahan atau pengobatan lain, seperti penggunaan krim atau salep.

Jika Anda mengalami parah nyeri saat buang air besar, bahkan dengan buang air besar sederhana, infeksi saluran anus kemungkinan penyebab episode wasir. Dalam hal ini, minum antibiotik, mengoleskan pelumas, atau memanaskan area yang terkena dapat mengurangi keparahan rasa sakit dan membantu mencegah infeksi lebih lanjut.

Jika Anda mengalami sembelit kronis, Anda mungkin mengalami gejala wasir karena tekanan pada saluran anus yang disebabkan oleh tekanan ekstra yang diberikan tinja saat melewatinya. Ketika Anda mencoba untuk keluar dari tinja yang lebih besar dari ruang yang tersedia, tekanan pada wasir menyebabkan pembuluh darah membengkak dan membentuk wasir atau jenis benjolan lainnya. Wasir jenis ini lebih tidak nyaman daripada wasir tipe I karena pembuluh darah lebih mudah rusak.

Ketika saluran anus menjadi rusak dan pembuluh darah tidak dapat menyerap air dan cairan yang dikeluarkan dari tubuh dengan baik, wasir internal dapat membesar dan jatuh ke saluran anus

Wasir jenis ini tidak terlalu berbahaya dan dapat diobati dengan obat topikal. Namun, dokter harus mengobati wasir eksternal. Penting untuk mengidentifikasi penyebab spesifik rasa sakit untuk menghindari kemungkinan komplikasi dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin menderita wasir internal, beberapa lebih umum daripada yang lain, tetapi Anda harus dapat mengidentifikasi alasan ketidaknyamanan tersebut. Alasan utama kondisi ini adalah saluran anus tidak mampu menyerap cairan yang dibutuhkan tubuh dari makanan yang Anda makan. Agar usus besar dapat menyerap air dan bahan limbah lainnya dalam jumlah yang tepat, ia harus dapat bertahan pada suhu konstan, yang biasanya hanya dicapai di bagian pertama sistem pencernaan.

Selain itu, Anda juga harus bisa menjaga kebersihan dan buang air besar secara teratur agar usus besar tetap sehat. Pola makan yang buruk juga menjadi salah satu penyebab utama, karena pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi lambat.

Alasan umum lainnya untuk wasir internal adalah sirkulasi yang buruk. Ini karena dinding saluran anus terlalu tipis dan kurangnya aliran darah ke saluran menyebabkan masalah dengan sirkulasi darah.

Penyebab wasir lainnya termasuk penyakit seperti HIV dan diabetes, jadi jika Anda mengalami gejala apa pun setelah menjalani operasi, memiliki tekanan darah tinggi, sedang hamil, atau menderita kanker, Anda mungkin menderita wasir. Wasir internal sering dikaitkan dengan kehamilan.

Wasir bisa sangat menyakitkan dan tidak nyaman dan menyebabkan banyak stres, terutama di pagi hari ketika Anda bangun dan ingin pergi ke kamar mandi. Untuk menghilangkan rasa sakit, Anda bisa mencoba menggunakan pelumas atau menggunakan kompres hangat. Untuk menghindari pendarahan, jangan mendorong wasir jika Anda merasa sakit atau jika Anda merasa anus atau daerah sekitarnya membengkak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *