Sejahtera Itu Hak, Kaukus Kemitraan Independen Untuk Pencapaian Kesejahteraan, KKIPK, Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SATU CARA KURANGI KEMISKINAN DI JATENG DENGAN PERHATIKAN LANSIA

SAPA INDONESIA - SINERGI perlindungan terhadap kelompok rentan diperlukan untuk mengurangi kemiskinan di Jawa Tengah. Yang termasuk kelompok rentan di antaranya adalah penyandang disabilitas, anak-anak dari keluarga miskin, lansia, nelayan, pekerja tidak tetap, buruh migran dan lainnya.

Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Tengah Nawal Arafah Yasin mengatakan pihaknya bersama Gerakan Organisasi Wanita (GOW) di 35 Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah menaruh kepedulian terhadap kelompok rentan, termasuk lansia.

Dalam rangkaian acara ulang tahun ke-62 BKOW hari ini, Rabu, 13 Maret 2019 BKOW melakukan dialog di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading, Semarang untuk lebih memahami kebutuhan kelompok rentan.

Dalam kesempatan itu Nawal yang juga istri Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengatakan pihaknya bersama Dinas Sosial bekerja sama memberikan bantuan untuk kebutuhan lansia berupa kursi roda dan sejumlah dana berikut kebutuhan sehari-Hari seperti pampers, makanan dan lainnya.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan penyusunan profil kemiskinan di Jawa Tengah dengan tindakan nyata mendorong kebijakan perlindungan yang berpihak Kepada kelompok rentan ini. Adapun sekitar 105 lansia hadir pada acara tersebut.

Menurut Nawal lansia perlu mendapat perhatian pemerintah Karena mereka kesulitan akses mendapat jaminan kesehatan, jaminan Sosial sehingga termasuk kategori miskin.

Beberapa lansia ditinggalkan keluarganya karena tidak memiliki biaya untuk menanggung hidup. Perlindungan terhadap lansia mutlak diperlukan demi menyejahterakan kehidupan masyarakat.

Sebagai tindak lanjut program mengurangi tingkat kemiskinan, BKOW pada tahun ini akan fokus di 5 wilayah merah rawan kemiskinan yaitu Blora, Rembang, Demak, Grobogan dan Sragen.

BKOW akan mengembangkan relawan di 35 kabupaten/ kota se-Jateng untuk memberikan dukungan moril dan pemberdayaan di kelompok rentan.

"Dialog di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Pucang Gading ini memberikan gambaran supaya langkah perlindungan searah dengan kondisi di lapangan. Semoga ke depan program perlindungan kelompok rentan ini bisa terealisasi di 5 wilayah prioritas, sesuai program pemerintah provinsi Jawa Tengah," jelas Nawal Yasin.

Sumber: Suara Merdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

PENGELOLAAN DATA PENTING DALAM PEMBANGUNAN DESA

PENGELOLAAN DATA PENTING DALAM PEMBANGUNAN DESA

PENGELOLAAN data menjadi hal yang penting untuk mempercepat...
JOKOWI BUKA MUSRENBANGNAS RKP 2020 FOKUS PENGEMBANGAN SDM

JOKOWI BUKA MUSRENBANGNAS RKP 2020 FOKUS PENGEMBANGAN SDM

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla...
PENGANGGURAN PALING BANYAK DI JAWA BARAT CAPAI 527.000 ORANG

PENGANGGURAN PALING BANYAK DI JAWA BARAT CAPAI 527.000 ORANG

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka...
JUMLAH PENGANGGURAN RI TURUN JADI 6,82 JUTA ORANG

JUMLAH PENGANGGURAN RI TURUN JADI 6,82 JUTA ORANG

BADAN Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook