Perawatan Kanker Payudara – Apa yang Diharapkan Dari Dokter Anda

Kanker payudara adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan di mana sel-sel sehat di kelenjar susu cenderung tumbuh tidak terkendali

Kanker payudara umumnya dimulai di bagian lain dari kelenjar susu. Kelenjar susu terdiri dari dua bagian – sel kelenjar dan sel endokrin. Kelenjar susu terdiri dari tiga komponen utama: modul, jaringan endokrin, dan sel kelenjar.

Kelenjar susu biasanya terdiri dari saluran susu dan kelenjar susu. Sel-sel kelenjar menghasilkan susu yang ibu menyusui menyusui bayinya. Sel-sel endokrin bertanggung jawab untuk memproses hormon yang diproduksi oleh kelenjar susu dan untuk mengeluarkan komponen darah ke saluran susu.

Sel kanker biasanya tumbuh di daerah di mana ada peradangan di kelenjar susu. Peradangan biasanya hasil dari keberadaan tumor atau pengobatannya. Seseorang dengan kanker payudara dapat mengembangkan tumor di beberapa lokasi berbeda di payudaranya, tergantung di mana tumor itu berada. Lokasi tumor yang paling umum adalah areola, lipatan periareolar, dan sekitar puting.

Kanker payudara diklasifikasikan ke dalam stadium berdasarkan stadium tumor saat diagnosis dan bagaimana perkembangannya. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Gejala kanker payudara yang paling umum termasuk nyeri pada kelenjar susu, penampilan kekuningan pada puting susu dan areola, atau benjolan atau lesung payudara. Pilihan pengobatan yang paling umum untuk kanker payudara termasuk operasi, kemoterapi, terapi radiasi, terapi hormon, dan implan hormonal. Operasi payudara dapat dilakukan untuk menghilangkan pertumbuhan tumor. Kemoterapi dan terapi radiasi digunakan untuk membunuh sel kanker dan mencegah penyebaran kanker ke bagian tubuh lainnya.
  • Jika Anda baru saja didiagnosis menderita kanker payudara, Anda perlu mendiskusikan pilihan pengobatan Anda dengan dokter Anda. Kemoterapi dan terapi radiasi digunakan untuk menghancurkan sel kanker. Anda mungkin akan diberi resep obat anti kanker, seperti tamoxifen, atau hormon anti kanker seperti tamoxifemine. untuk menunda perkembangan kanker payudara.

Estrogen diproduksi oleh reseptor estrogen yang ditemukan di kelenjar susu pada wanita dan pria

Kadar estrogen meningkat selama kehamilan, dan kadarnya menurun selama menopause. Karena estrogen penting untuk pembelahan sel yang sehat di kelenjar susu, wanita yang mengalami penurunan estrogen setelah menopause akan lebih mungkin terkena kanker payudara. Jika kadar estrogen tetap pada tingkat yang sama, wanita tersebut dapat mengembangkan kanker yang ada di sistem endokrin.

Pembedahan adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan sel-sel ganas yang tumbuh di jaringan payudara wanita, tetapi jika operasi bukanlah pilihan, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan radioterapi atau mastektomi untuk mengangkat jaringan yang terkena dari area payudara. Mastektomi melibatkan pengangkatan kelenjar susu. Area payudara wanita dapat diangkat untuk mengangkat tumor yang cukup besar sehingga memerlukan operasi besar. Terapi radiasi melibatkan perawatan radioterapi yang menghancurkan sel-sel kanker di payudara pria dengan menggunakan sinar berenergi tinggi. Namun, terapi ini memiliki insiden efek samping yang tinggi, termasuk iritasi kulit, infeksi, jaringan parut, kehilangan sensasi, memar, dan perubahan permanen pada area tersebut.

Terapi radiasi memiliki dua metode penyampaian radiasi. Salah satu metode menggunakan sinar-X, yang diserap oleh jaringan. Metode kedua menggunakan gelombang radio, yang diserap oleh molekul DNA. Dalam mastektomi, radiasi diberikan melalui area tersebut, dan juga memungkinkan untuk mengirimkan radiasi melalui puting.

Jika Anda telah didiagnosis menderita kanker payudara, tidak ada obat untuk penyakit ini. Ada perawatan yang bisa membantu mengendalikannya, tapi perawatan ini tidak bisa membasminya. dan banyak pasien yang memiliki kondisi ini mungkin tidak memiliki kanker dalam sistem endokrin. Oleh karena itu, pembedahan adalah satu-satunya cara yang efektif untuk menghilangkan semua jaringan payudara di daerah yang terkena.

Untuk mencegah kanker jenis ini berulang, sangat penting untuk mengikuti pola makan dan gaya hidup yang benar. untuk mencegah hal ini di tempat pertama. Merokok adalah penyebab kanker payudara, terutama pada wanita di atas 40 tahun. Banyak wanita yang merokok tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit pada saat diagnosis, tetapi penting bagi mereka untuk berhenti merokok. Bahkan wanita yang tidak berisiko terkena kanker payudara harus berhenti merokok dan pastikan untuk memberi tahu dokter mereka bahwa mereka berencana untuk berhenti merokok.

Dokter Anda dapat membantu Anda mengatasi banyak masalah kesehatan sebelum berkembang menjadi masalah. Ini termasuk diabetes, hipertensi, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Ini sangat penting jika mereka menderita diabetes, karena diabetes dapat berkontribusi pada penyebaran kanker payudara. Anda harus makan diet seimbang yang mencakup sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Selain itu, penting bagi kesehatan Anda secara keseluruhan untuk cukup berolahraga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *