KATEGORI MISKIN VERSI PEMKAB KAMPAR MASIH DIPERTANYAKAN WARGA

SAPA – Dimasa tiga tahun kepemimpinan Bupati Kampar Jefry Noer, bagian Humas Setdakab Kampar kembali menemukan masyarakat diberbagai kecamatan yang belum memahami 5 pilar pembangunan, dalam hal ini dikecamatan Tapung masih ada masyarakat yang bertanya kepada narasumber mengenai katagori miskin menurut pemda kampar pada acara sosialisasi pembangunan 5 pilar Kabupaten Kampar.

Yang bertanya kali ini adalah seorang anggota BPD dari desa Kinantan Sunardi, bahwa masyarakat desanya saat ini hanya sekedar tau dan dengar saja, tapi kurang paham apa itu 5 pilar, kebetulan ada sos 5 pilar ini, ada beberapa bagian yang saya ingin tau bahwa kategori kemiskinan itu seperti apa, banyak masyarakat desa saya memiliki kendaraan roda dua, apakah itu disebut miskin juga, dalam hal ini saya mengetahui ada katagori miskin yang dikatakan pemda kampar, sunardi minta penjelasan kepada nara sumber harapnya.

Sunardi juga menyampaikan sudah banyak spanduk, baliho, dan sebagainya ditebar di desa kami, tapi masih banyak warga saya menanyakan kepada saya,” 5 pilar itu apa pak? saya sendiri ingin menjelaskan sangat sulit karena saya sendiri juga kurang paham ujar pria paruh baya ini. www.sapa.or.id

Menyikapi pertanyaan warganya camat Tapung Muhammad menyampaikan bahwa memang masih banyak masyarakat di Tapung ini belum memahami arti dari 5 pilar pembangunan kab kampar, ini terjadi akibat aparatur desa dikecamatan Tapung kurang menyampaikan kepada masyarakat di desa nya.

Muhammad dengan nada sedikit kecewa melanjutkan bahwa masih byk warga kita yang belum memahami arti 5 pilar, pernah diadakan survey oleh independen, ternyata hasilnya sangat mengecewakan, bupati kampar sangat prihatin akan keadaan ini, Jefry dalam seluruh acaranya telah berupaya dan berapi-api menyampaikan 5 pilar ini.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi program pembangunan 5 pilar oleh bagian humas setdakab kampar merupakan Kesempatan harus dimanfaatkan oleh kepala desa serta aparatur desa lainnya, kegiatan ini diadakan bagian humas untuk memberikan pemaparan lebih lengkap mengenai program pemda kampar lainnya agar lebih memahami dan menyampaikannya secara langsung kepada masyarakat didesanya.

Jefry menganggap kata Muhammad, ada sesuatu yang salah dalam hal ini, Jefry berasumsi bahwa 5 pilar ini kurang sampai kepada masyarakat karena aparatur desa, baik kades, kadus dan BPD, Jefry mengharapkan sampaikan program ini dalam kesempatan apapun baik formal maupun nonformal.

Tugas berat buat kita semua kata muhammad, diakhir 2014 3 zero harus dapat diwujudkan, jika hanya pemda saja yg berusaha tanpa ada daya dan upaya serta dukungan dari masyarakat kab kampar, maka sulit ini akan terwujud ujar Muhammad. iyon

Program pelatihan P4S sebentar lagi bergulir, Muhammad minta semua kades untuk kembali memamping masyarakat untuk di didik di diklat P4S Kubang Jaya. Akhir data yang harus kecamatan terima paling akhir 26 mei ujarnya.

Muhammad dengan bangga menyampaikan kepada peserta sos bahwa Kecamatan tapung saat ini telah punya wadah yakni forum alumni p4s, dan yg paling membanggakan adalah forum alumni di tapung adalah forum alumni yang satu-satunya berjalan di Kab Kampar papar Muhammad.

Dalam memaparkan materinya Drs.muhammad msi sekretaris badan pelaksana penyuluhan ketahanan pangan kab kampar, bahwa Program 5 pilar ini lahir akibat kegelisahan dari Bupati Kampar melihat kemerosotan akhlak dan moral dari masyarakat kampar dan yg paling penting adalah kemerosotan perekonomiannya. Hal ini disampaikan narasumber yang dihadirkan oleh humas pemda kampar .

Muhammad memaparkan bahwa dengan mengusung program 5 pilar ini Bupati Kampar berusaha mengembalikan kab kampar menjadi “serambi mekahnya prov riau yang nyata bukan hanya selogan dibibir saja. Pemda Kampar telah berusaha mewujudkannya dengan berbagai program diantaranya program pelatihan P4S dikubang jaya ujarnya.

Sumber: Riauterkini dot com
                                          Kemiskinan – Penanggulangan Kemiskinan – Melawan Pemiskinan – Pengentasan Kemiskinan – TKPKD – Angka Kemiskinan – Data Kemiskinan – Musrenbang – PNPM Mandiri – IKRAR – Jamkesmas – Jamkesda – KUR – BSM – BLSM – PKH – Raskin – BPJS

Terkait lainnya:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *