Praktek Baik

Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan.

Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:

  1. Gambaran kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhan pangan sehari-hari, sandang,
         perumahan, dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan
         barang-barang dan pelayanan dasar.
  2. Gambaran tentang kebutuhan sosial, termasuk keterkucilan sosial, ketergantungan, dan ketidakmampuan
         untuk berpartisipasi dalam masyarakat. Hal ini termasuk pendidikan dan informasi. Keterkucilan sosial
         biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal ini mencakup masalah-masalah politik dan moral, dan
         tidak dibatasi pada bidang ekonomi.
  3. Gambaran tentang kurangnya penghasilan dan kekayaan yang memadai. Makna “memadai” di sini sangat
         berbeda-beda melintasi bagian-bagian politik dan ekonomi di seluruh dunia.

Pemerintah dalam kaitannya dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat sangat berkepentingan untuk dapat mengurangi jumlah kemiskinan dengan melakukan banyak program pengentasan/penanggulangan kemiskinan. Program-program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan pemerintah saat ini memiliki bentuk yang beragam dan disebut dengan program-program pro rakyat yang terbagi dalam kelompok-kelompok/klaster program penanggulangan kemiskinan tertentu.

Program-program pengentasan kemiskinan tersebut juga diutamakan untuk membangun masyarakat/rakyat miskin agar dapat semakin berdaya bagi peningkatan kesejahteraan mereka. Program-program pengentasan kemiskinan yang direalisasikan di banyak wilayah negara Indonesia juga dibarengi dengan ide-ide positif masyarakat/penduduk setempat untuk direalisasikan sehingga dapat terlepas dari himpitan kemiskinan. Ide-ide praktis yang terbaik atau yang biasa disebut Best Practices inilah yang kemudian dapat diadopsi oleh daerah/wilayah lain untuk dipakai sebagai alat dan metode pengentasan kemiskinan di daerah masing-masing. Beberapa Best Practices pengentasan kemiskinan tersebut dapat dilihat pada link di bawah ini :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *