Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TANGGULANGI KEMISKINAN, KENDAL OPTIMALKAN PROGRAM RTLH

KABUPATEN Kendal terus mengoptimalkan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk menanggulangi angka kemiskinan di Kabupaten Kendal.

Berdasarkan data dari Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kendal keluarga miskin di Kabupaten Kendal pada 2018 mencapai 29.839 keluarga dan RTLH sebanyak 45.085 unit.

Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur, menyampaikan hal itu pada Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kendal bertema Sinergitas Penanggulangan Kemiskinan dengan Optimalisasi Program Rumah Tidak Layak Huni yang digelar di Tirto Arum Baru, Kamis (21/3).

Masrur menghendaki kerja dan kinerja TKPKD untuk mengentaskankan masyarakat miskin di Kabupaten Kendal. Salah satunya dengan memaksimal program RTLH yang sudah berjalan selama ini. ''Marilah bersama-sama tingkatkan kerja dengan sebanyak mungkin menyediakan rumah yang layak huni bagi warga miskin,'' kata dia.

Kepala Bidang Perumahan Rakyat Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kendal, Juni Isyanta menjelaskan, jumlah Rumah Tidak Layak Huni pada 2017 tercatat 46.812 unit dan berkurang sebanyak 1.727 lantaran adanya program RTLH pemerintah dan bantuan sektor swasta serta CSR, sehingga masih terdapat sekitar 45.085.

''Dengan jumlah RTLH masih 45.085 unit dan perbaikan pertahun hanya sekitar 1.727 unit, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 26 tahun untuk menuntaskan RTLH. Oleh karena itu diperlukan peningkatan anggaran dan semua komponen berpartisipasi dalam peningkatan kualitas RTLH,'' terangnya.

Kepala Baperlitbang, Agus Sumaryono mengatakan, rakor bertujuan menyegarkan kembali semangat dan sinergitas tim TKPKD dalam menanggulangi kemiskinan di wilayah Kabupaten Kendal. Perlu bersama-sama melaksanakan penanggulangan yang sistematik, komprehensif, dan terpadu untuk memenuhi hak rakyat.

''Kualitas RTLH perlu ditingkatkan untuk mengurangi kemiskinan di Kabupaten Kendal. Sesuai data grafik yang dimiliki Baperlitbang, jumlah KK miskin berbanding lurus dengan jumlah RTLH, sehingga ketidaklayakan rumah menjadi salah satu faktor penting masyarakat dikategorikan miskin,'' jelas dia.

Sumber: Suara merdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN & DIGITALISASI LAYANAN PUBLIK BISA PAKAI DANA KELURAHAN

KEMISKINAN & DIGITALISASI LAYANAN PUBLIK BISA PAKAI DANA KELURAHAN

PERBAIKAN angka kemiskinan dan digitalisasi pelayanan publik...
BOYOLALI: PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN LEMAH

BOYOLALI: PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN LEMAH

PENURUNAN jumlah penduduk miskin tahun lalu terbilang rendah....
PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN MASIH DIBAWAH TARGET

PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN MASIH DIBAWAH TARGET

MENURUNNYA angka kemiskinan dari 13,81 persen pada tahun 2017...
FOKUS PENGENTASAN KEMISKINAN DI 27 DESA

FOKUS PENGENTASAN KEMISKINAN DI 27 DESA

BUPATI Buleleng, Putu Agus Suradnyana kembali mengingatkan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook