Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

LEMBAGA KEUANGAN MIKRO POTENSIAL TEKAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PELAKU usaha mandiri disarankan mengakses modal dan layanan perbankan skala mikro milik pemerintah daerah. Selain bunga ringan, kotinuitas penggunaan jasa perbankan tersebut berdampak pada pengentasan kemiskinan.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Investasi Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah, Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah, Haerudin di pengundian hadiah nasabah PD BKK Karanganyar, Kamis (10/10/2018).

"Kredit mikro BKK itu bunganya murah. Perbankan daerah mampu selalu berdampingan dan menjalin simbiosis mutualisme dengan pelaku usaha. Angka kemiskinan di Karanganyar 12,28 persen. Selaras dengan layanan perbankan daerah, diharapkan mampu menekan angka itu sampai satu digit (kurang dari 10 persen)," katanya.

Pemberdayakan ekonomi nasabah dari kalangan UKM merupakan salah satu tujuan pendirian perbankan daerah. Di Jawa Tengah, Pemprov memiliki 29 BKK yang membidik nasabah di kalangan tersebut. Dalam persaingan lembaga keuangan, Pemprov mendorong perusahaan daerah tersebut berinovasi pada IT.

"Dengan demikian, keberadaan lembaga keuangan ini lebih eksis menggerakkan ekonomi regional. Khususnya pemberdayaan UKM, penyediaan modal dan mampu kontribusi ke pendapatan asli daerah," katanya.

Sementara itu Dirut PD BKK Karanganyar, Susilowati mengatakan masyarakat mulai cerdas dalam menggunakan layanan perbankan skala mikro. Keberadaan rentenir yang dulunya menggurita di kalangan UKM, kini mulai berkurang.

"Kita punya misi memberantas bank plecit (rentenir). Biasanya mereka menyasar pedagang di pasar tradisional. Kita lawan dengan layanan terbaik. Suku bunga kredit rendah, hanya 1 persen.

Penagihan langsung ke pedagang per bulan, bukan harian seperti rentenir. Diluncurkan pula SMS Gatheway, internet mobile untuk mengecek saldo dan sebagainya," katanya.

Disebutkan, PD BKK Karanganyar memiliki 21 ribu rekening tabungan dari nasabah. Pendapatannya meningkat 9 persen dari semula Rp 22,7 miliar menjadi Rp 23,1 miliar, serta mampu menaikkan keuntungan 300 persen atau Rp 2,259 miliar dari sebelumnya rugi Rp 823,2 juta pada 2015.

Sumber: Krjogja dot com

Terpopuler

Terbaru

KARTU PRAKERJA BANTU PENANGGULANGAN KEMISKINAN

KARTU PRAKERJA BANTU PENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PAKAR sumber daya manusia Pusparini Hakim...
SINERGITAS PUSAT-DAERAH TEKAN KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN

SINERGITAS PUSAT-DAERAH TEKAN KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN

SAPA INDONESIA - GUBERNUR Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan,...
DESA BUKAN LAGI “PESURUH” SOAL PENGENTASAN KEMISKINAN

DESA BUKAN LAGI “PESURUH” SOAL PENGENTASAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - SEJAK diberlakukannya UU No.6 Tahun 2014 tentang...
BASIS DATA TERPADU, STRATEGI DINSOS ACEH DALAM PENANGANAN KEMISKINAN ACEH

BASIS DATA TERPADU, STRATEGI DINSOS ACEH DALAM PENANGANAN KEMISKINAN ACEH

SAPA INDONESIA - DALAM rangka mengurangi angka kemiskinan di...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook