Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TEKAN ANGKA KEMISKINAN, KEMENSOS DORONG PESERTA KUBE JADI USAHAWAN

SAPA INDONESIA - PARA pendamping Kelompok Usaha Bersama (KUBE) berperan besar dalam menurunkan angka kemiskinan hingga ke level 9 persen. Mereka dianggap sebagai corong terdepan dalam menggerakkan kemandirian peserta KUBE.

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial (Kemensos) Andi ZA Dulung pada acara Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Kube PKH dan Kemitraan 2018, meminta para pendamping KUBE agar menambah wawasan dan pengalaman, serta meningkatkan kreativitas. Hal ini perlu untuk mencapai target penurunan angka kemiskinan pada akhir tahun.

"Bagaimana memperbaiki pola pikir peserta KUBE agar mereka bergerak menolong diri sendiri, tidak selalu bergantung pada bantuan," ujar Andi, di Mercure Convention Ancol, Jakarta Utara, Kamis, 20 September 2018.

Hal itu dikatakan Andi di hadapan peserta kegiatan Bimbingan dan Pemantapan Pendamping KUBE. Mereka merupakan peserta pendamping KUBE Tahun 2018 angkatan dua sebanyak 279 orang, terdiri atas pendamping KUBE PKH dan KUBE Kemitraan (Aspirasi).

Pendamping KUBE PKH sebanyak 232 orang berasal dari 43 kabupaten, dan pendamping KUBE Kemitraan sebanyak 47 orang dari 22 kabupaten.

Andi melanjutkan, perubahan pola pikir menjadi tantangan para pendamping. Sebab, selama ini banyak peserta yang masih mengharapkan bantuan demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Yang menjadi kendala ialah latar belakang berbeda. Bukan pengusaha yang kita temui, tapi orang pada level paling rendah. Tantangan itu harus membuka wawasan kepada para peserta agar mereka mau membuka usaha sendiri dari yang terendah, sehingga (dari hasil usaha itu) bisa hidup mandiri," kata dia.

Selain itu, para pendamping KUBE juga didorong memberikan pemahaman kepada para peserta dalam melakukan perencanaan, pembukuan, mengevaluasi kegiatan pengelolaan usaha, serta menyampaikan laporan perkembangan KUBE dalam mempertanggungjawabkan kegiatan usaha ekonomi dan usaha kesejahteraan sosial yang dilakukan secara bersama-sama.

"Serta dapat mengetahui keberlanjutan usaha ekonomi produktif kelompok usaha bersama (UEP-KUBE) dan dapat mengetahui keberfungsian sosialnya dalam mendampingi Kube," kata Andi menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita berharap para pendamping bisa mendorong peserta KUBE menjadi usahawan/usahawati baru. Dengan kata lain, mereka dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional maupun di daerah masing-masing.

"Bisa tercipta pengusaha di tingkat grass root (tingkat paling rendah). Bentuknya apa saja. Bisa beternak ayam, penggemukan sapi, atau bikin kerupuk, yang penting mereka harus diyakinkan bahwa hidup mandiri pasti jauh lebih baik daripada menerima bantuan," kata Mensos Agus.

Guna mendukung upaya tersebut, Kemensos tengah menyiapkan berbagai program yang berkaitan dengan KUBE, khususnya dalam mengurangi angka kemiskinan disertai peningkatan jumlah keluarga mandiri.

"Diharapkan rasio bantuan dapat terus diturunkan. Dari bansos itu sendiri kita turunkan, rasio artinya kemiskinan rendah. Pada saat bersamaan naikkan rasio keluarga mandiri. KUBE merupakan program andalan Kemensos," kata Mensos Agus.

Sumber: Metrotvnews dot com

Terpopuler

Terbaru

DANA KELURAHAN BERESKAN MASALAH KEMISKINAN HINGGA PENGANGGURAN DI PERKOTAAN

DANA KELURAHAN BERESKAN MASALAH KEMISKINAN HINGGA PENGANGGURAN DI PERKOTAAN

SAPA INDONESIA - KEPUTUSAN Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk...
MENDAGRI TJAHJO KUMOLO: DANA KELURAHAN BEDA DENGAN DANA DESA

MENDAGRI TJAHJO KUMOLO: DANA KELURAHAN BEDA DENGAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan...
MENGENAL DANA KELURAHAN, YANG AKAN DIGELONTORKAN PEMERINTAH TAHUN DEPAN

MENGENAL DANA KELURAHAN, YANG AKAN DIGELONTORKAN PEMERINTAH TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH sedang merancang dana kelurahan...
MENANGGULANGI KEMISKINAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

MENANGGULANGI KEMISKINAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - BERDASARKAN data BPS pada Maret lalu, jumlah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook