Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

NILAI TUKAR PETANI PERKEBUNAN RAKYAT TURUN

SAPA INDONESIA - NILAI tukar petani tanaman perkebunan rakyat pada Juni 2018 turun dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan harga sejumlah komoditas perkebunan seperti minyak sawit mentah dan kakao menjadi penyebab utama.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (2/7/2018), mengatakan, Nilai Tukar Petani Tanaman Perkebunan Rakyat (NTPPR) pada Juni 2018 sebesar 98,86. NTPPR itu turun 0,78 persen dari Mei 2018 yang sebesar 99,64.

"Faktor utamanya adalah penurunan harga komoditas perkebunan yang dipengaruhi kondisi global, terutama minyak kelapa sawit mentah (CPO) dan kakao," kata dia.

Kementerian Perdagangan mencatat, harga referensi CPO untuk penetapan bea keluar periode Juli 2018 adalah 678,18 dollar AS per metrik ton (MT). Harga referensi tersebut melemah 9,21 dollar AS per MT atau 1,34 persen dari Juni 2018 yang sebesar 687,39 dollar AS per MT.

Adapun harga referensi biji kakao pada Juli 2018 juga turun sebesar 303,78 dollar AS per MT atau 10,93 persen, yaitu dari 2.778,55 dollar AS per MT menjadi 2.474,77 dollar AS per MT.

Pekan lalu, BPS mencatat total nilai ekspor CPO dan produk turunannya pada Januari-Mei 2018 turun menjadi 6,65 miliar dollar AS dari periode sama 2017 yang sebesar 7,9 miliar dollar AS. Selain karena penurunan harga di tingkat global, hambatan perdagangan dari sejumlah negara menjadi penyebabnya.

Pada 2030 nanti, Parlemen Uni Eropa akan melarang penggunaan biofuel berbasis CPO. Rencana tersebut mulai berdampak pada ekspor CPO Indonesia ke Uni Eropa (UE).

Sementara India menaikkan bea masuk CPO sebanyak tiga kali dalam waktu kurang dari 2 tahun terakhir ini. Saat ini bea masuk CPO India menjadi 44 persen dan produk turunan CPO sebesar 54 persen.

Sumber: Kompas dot com

Terpopuler

Terbaru

PENTINGNYA PENGENTASAN KEMISKINAN BAGI GENERASI MUDA

PENTINGNYA PENGENTASAN KEMISKINAN BAGI GENERASI MUDA

SAPA INDONESIA - DIBUTUHKAN kerja sama untuk memberdayakan...
PETANI INDONESIA MASIH HIDUP DALAM KEMISKINAN

PETANI INDONESIA MASIH HIDUP DALAM KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PENGAMAT Ekonomi Faisal Basri mengungkapkan...
TRANSFER KE DAERAH DAN PENGUCURAN DANA DESA CAPAI RP 448,64 TRILIUN

TRANSFER KE DAERAH DAN PENGUCURAN DANA DESA CAPAI RP 448,64 TRILIUN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan mencatat realisasi alokasi...
TATA KELOLA DATA KEMISKIAN PERLU DIPERBAIKI

TATA KELOLA DATA KEMISKIAN PERLU DIPERBAIKI

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH perlu memperbaiki tata kelola data...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook