Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa, Pembangunan Desa, Data Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JUMLAH KEMISKINAN DI WILAYAH PERKOTAAN DI JATENG MENINGKAT

kemiskinan-perkotaanjatengmeningkat

SAPA INDONESIA - KETUA DPRD Jateng Rukma Setiabudi mengatakan, jumlah kemiskinan di wilayah pedesaan di Jateng mengalami penurunan, namun disisi lain justru kemiskinan di wilayah perkotaan meningkat tajam.

Tentu ini menjadi persoalan yang harus ditangani bersama oleh Pemprov Jateng bersama kepala daerah utamanya yang jumlah warga miskinnya bertambah.

"Ada pergeseran wilayah kemiskinan di Jateng dalam setahun terkahir ini. Kalau tahun-tahun kemarin angka kemiskinan yang tinggi berada di wilayah pedesaan. Tahun tahun ini, kalau di pedesaan mengalami penurunan, justru di perkotaan malah bertambah banyak," kata Rukma usai acara Focus Group Discussion (FGD) atau diskusi kelompok terarah dengan tema "Potret Kemiskinan dari Berbagai Sudut Pandang" di ruangan kerjanya Rabu (12/12).

Pada kesempatan FGD ini, hadir sebagai peserta sekaligus pembicara aktif adalah dia sendiri, Ketua Komisi B DPRD Jateng Chamim Irfani, utusan dari Dinas Sosial Pemprov Jateng, dari Bappeda Pemprov Jateng, BPS Jateng dan Dinas Bapermardes Jateng.

Menurut Rukma, adanya pergeseran wilayah kemiskinan ini tentu harus dikaji dengan mendalam oleh pemerintah, yaitu Pemprov Jateng dan pemkab/pemkot, kemudian dirumuskan solusi-solusinya secara komprehensif. Dalam kajiannya, eksekutif juga harus meminta masukan dari berbagai elemen masyarakat, seperti dewan, akademisi, masyarakat dan lain-lain.

"Harapannya, adanya pergeseran ini, dimana jumlah penduduk miskin di kota meningkat bukan karena penduduk desa banyak yang pindah ke kota. Namun penduduk desa tetap berada di desa dan mampu meningkatkan kesejahteraannya," ucap politisi dari PDIP ini.

Disisi lain, Rukma menambahkan, tujuan dari FGD adalah pihaknya ingin mendapat informasi terkini soal data angka kemiskinan di Jateng sekaligus hal-hal yang akan atau sudah dilakukan oleh dinas-dinas terkait yang menangani persoalan ini.

Beberapa dinas atau intansi yang diundang ini, memiliki tupoksi untuk mengurangi angka kemiskinan dan mereka memiliki cara masing-masing.

"Angka kemiskinan di Jateng dalam setahun terakhir turun sekitar 0,18 persen atau sekitar 43 ribu orang. Tahun kemarin jumlah warga Jateng yang masuk kategori miskin mencapai 4,405 juta atau sekitar 13,19 persen dari jumlah penduduk Jateng. Saat ini, jumlah penduduk miskin masih sebanyak 13,01 persen. Penurunan terbesar terjadi di wilayah pedesaan," terangnya.

Sementara itu, Ketua Komisi B Chamim Irfani mengatakan, jumlah penurunan angka kemiskinan di pedesaan sangat tinggi adalah imbas dari banyaknya anggaran yang digelontorkan pemerintah ke desa.

Pada tahun 2017 ini, anggaran yang digelontorkan ke desa sangat banyak, dari APBN (pemerintah pusat) rata-rata Rp 800 juta / desa, bahkan ada yang lebih dari Rp 1 Miliar.

Dari APBD provinsi Rp 50 juta/ desa, ditambah dana dari APBD kabupaten. "Dengan adanya dana yang begitu besar digelontor ke desa-desa itu, maka terjadi perputaran uang yang luar biasa di desa. Ini berdampak terhadap kesejahteraan warga," terang politisi dari PKB ini.

Disisi lain, soal bertambahnya jumlah kemiskinan di wilayah perkotaan disebabkan karena bertambahnya anggaran belanja yang harus dikeluarkan oleh penduduk sementara pendapatan tidak bertambah. Ini membuat angka kemiskinan di kota peningkat.

"Warga atau keluarga harus lebih belanja lebih banyak dari bulan bulan sebelumnya, misalkan terjadi kelangkaan gas LPG 3 KG. Karena langka maka harus membeli gas yang lebih mahal atau membeli pulsa listrik untuk mengganti LPG 3 kg itu. Adanya peningkatan belanja namun pendapatan tetap maka orang ini bisa tergolong miskin," katanya.

Sumber: Jatengpos dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

DANA KELURAHAN BERESKAN MASALAH KEMISKINAN HINGGA PENGANGGURAN DI PERKOTAAN

DANA KELURAHAN BERESKAN MASALAH KEMISKINAN HINGGA PENGANGGURAN DI PERKOTAAN

SAPA INDONESIA - KEPUTUSAN Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk...
MENDAGRI TJAHJO KUMOLO: DANA KELURAHAN BEDA DENGAN DANA DESA

MENDAGRI TJAHJO KUMOLO: DANA KELURAHAN BEDA DENGAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan...
MENGENAL DANA KELURAHAN, YANG AKAN DIGELONTORKAN PEMERINTAH TAHUN DEPAN

MENGENAL DANA KELURAHAN, YANG AKAN DIGELONTORKAN PEMERINTAH TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH sedang merancang dana kelurahan...
MENANGGULANGI KEMISKINAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

MENANGGULANGI KEMISKINAN MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - BERDASARKAN data BPS pada Maret lalu, jumlah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook