Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR JAMIN HIDUP 8.375 MASYARAKAT MISKIN JOMPO

kemiskinan-sapa-provjatim

SAPA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah memastikan akan mengcover 8.375 orang maskin jompo yang berusia minimal 65 tahun selama seumur hidup. Kebijakan ini dikeluarkan untuk memberikan jaminan hidup kepada para jompo yang tak mampu, dan akan dimulai bulan depan atau awal 2013.

"Tahun lalu kebijakan ini sudah dilaksanakan dengan baik. Untuk tahun depan akan dimulai awal 2013 dan jumlahnya 8.375 jompo. Kami berharap dengan adanya program ini, para jompo yang hidupnya sangat terbatas bisa menikmati hidup di hari tuanya tanpa harus memikirkan beban hidup untuk makan," kata Sekdaprov Jatim Rasiyo, Minggu (23/12/2012).

Sebanyak 8.375 jompo miskin tersebut, lanjut dia, adalah warga miskin yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim. Bentuk pengcoveran yang dilakukan Pemprov adalah pemenuhan kebutuhan pangan berupa pemberian beras sebesar 20 kilogram dan uang lauk pauk Rp 150 ribu per bulan.

Teknis bantuan ini akan diberikan secara utuh selama setahun. Artinya, warga jompo itu akan mendapatkan beras sebanyak 240 kilogram dan uang Rp 1.800.000 dalam setahun. "Kami pastikan tahun 2013 akan tuntas semuanya pada 8.375 warga jompo," ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini.

Bantuan ini, jelas dia, bukan hanya akan diberikan pada 2013 saja. Namun pada 2014 nanti juga akan diberikan model bantuan yang sama. "Anggaran yang kami siapkan untuk 2013. Nanti untuk 2014 akan mengkuti kebijakan yang sama," imbuhnya.

Rasiyo menambahkan, alasan pemberian bantuan secara charity ini merupakan kebijakan yang cukup bagus untuk para jompo. Sebab di usia itu, tidak mungkin lagi pemprov memberikan bantuan secara padat karya. Seperti dengan pemberian bantuan ternak, maupun rombong bakso, ataupun bibit ikan dan padi.

Kebijakan ini juga menjadi yang pertama dilakukan di antara 33 provinsi lainnya di Jatim. Bisa jadi, jika program ini sukses akan menjadi pilot project yang nantinya akan diterapkan untuk seluruh Indonesia.

Selain charity seumur hidup, Pemprov Jatim juga memberikan bantuan untuk warga miskin yang terangkum dalam Jalinkesra (Jalan Lain Menuju Kesejahteraan Masyarakat). Bantuan ini diberikan dalam dua bentuk, charity dan juga padat karya. Kebijakan ini cukup dirasakan masyarakat dan berdampak pada berkurangnya angka kemiskinan di Jatim.

 

beritajatim dot com

Terpopuler

Terbaru

PADAT KARYA TUNAI ALIRKAN UANG KE DESA

PADAT KARYA TUNAI ALIRKAN UANG KE DESA

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan...
PRESIDEN SEBUT PADAT KARYA TUNAI TINGKATKAN DAYA BELI

PRESIDEN SEBUT PADAT KARYA TUNAI TINGKATKAN DAYA BELI

SAPA INDONESIA - PRESIDEN Joko Widodo menyebut program padat...
PEMPROV BALI JADIKAN DESA SEBAGAI FOKUS PENANGGULANGAN KEMISKINAN

PEMPROV BALI JADIKAN DESA SEBAGAI FOKUS PENANGGULANGAN KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Bali menargetkan...
PEMPROV JATIM TERUS OPTIMALKAN PROGRAM UNTUK WANITA SINGLE PARENT

PEMPROV JATIM TERUS OPTIMALKAN PROGRAM UNTUK WANITA SINGLE PARENT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook