Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

DISTRIBUSI UNTUK 146.902 KARTU JAMKESMAS

kemiskinan-sapa-kartujamkesmas

SAPA - Sedikitnya 146.902 kartu jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) bagi warga miskin Kabupaten Kubu Raya, siap didistribusikan ke semua puskesmas dan kecamatan. Data penerima kartu sudah termasuk data yang terverifikasi Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat (PKM) Dinkes Kubu Raya Dr Dyah mengatakan Dinas Kesehatan sudah menerima kartu Jamkesmas. Bahkan kartu Jamkesmas tersebut telah terpisah sesuai dengan kecamatan dan puskesmas tujuan masing-masing.

Sementara pendistribusian kartu Jamkesmas, dibatasi pemerintah pusat sampai 1 Januari 2012. "Penentuan jadwal pembagian kartu memang instruksi dari pemerintah pusat. Agar secepatnya kartu tersebut dibagikan, karena bulan Januari kartu sudah mulai berlaku," katanya pada Rakyat Kalbar usai sosialisasi pendistribusian kepada kepala puskesmas di Hotel Randayan, Kamis (20/12).

Dyah mengatakan, penurunan bagi penerima kartu Jamkesmas sebelumnya memang ditentukan verifikasi dari TNP2K. Dalam pendistribusian kartu pada masyarakat, nantinya melibatkan puskesmas, tim sekretaris kecamatan, pihak desa.

Lanjut Dyah, kartu ini merupakan keanggotaan baru artinya bagi mereka yang sebelumnya memiliki kartu yang lainnya maka semuanya hilang. Terakhir dari Dinkes, sebelumnya menerima kartu yang dimulai dari tahun 2009, dan hasilnya pun menurun karena angka kemiskinan menurun di Kubu Raya.

"Untuk pemegang kartu ini bukan hanya digunakan untuk kepentingan kesehatan saja, melainkan kartu ini jugalah akan menjadi patokan pemerintah dalam membantu mereka di berbagai sektor seperti bidang pertanian, pendidikan dan lainnya karena mereka sudah terdata sebagai penduduk miskin," paparnya.

Dyah menjelaskan, untuk 2012 program Jamkesmas belum bekerja sama dengan PT Askes. Sebab kerja sama baru dibangun tahun 2014 nanti. Menurutnya dengan adanya perubahan dari PT Askes menjadi Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS).

"Nah barulah Jamkesmas masuk dalam tugasnya PT Askes, tetapi untuk saat ini belum. Pembiayaan Jamkesmas ini masih terpisah dengan PT Askes," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sungai Ambawang Supratman mengatakan dalam pendistribusian kartu Jamkesmas bagi masyarakat dinilainya begitu cepat waktunya. Seharusnya dari pemerintah melakukan sosialisasi terlebih dahulu dalam membagikan kartu agar masyarakat paham dalam penggunaannya nanti.

"Apalagi penerima kartu ternyata berkurang dari sebelumnya. Sehingga kartu yang dibagi, bisa menimbulkan dilema bagi petugas. Sebab kita harus menjelaskannya pada masyarakat yang tidak mendapatkan kartu tersebut," tuturnya. (fiq)

equator-news dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook