Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BAPPEDA LOKAKARYAKAN STRATEGI PENANGGULANGAN KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-lokakaryabappedaSAPA - Untuk mensinergikan program-program yang terkait dengan program kemiskinan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pangkalpinang, kemarin (28/11/2012) menyelenggarakan Lokakarya Strategi Penanggulangan Kemiskinan Kota Pangkalpinang tahun 2012.

Kegiatan yang berlangsung di Edotel Pangkalpinang itu, menghadirkan Wakil Walikota (Wawako) Pangkalpinang, Malikul Amjad, Pengarah Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Pangkalpinang, Ketua Pokja Pengembangan Kemitraan, Juhaini sebagai nara sumber.

Wawako Pangkalpinang dikesempatan tersebut menyampaikan profil Kota Pangkalpinang yang secara geografisnya terletak pada 2 derajat4-2 derajat 10 lintang Selatan dan 106 derajat 4-106 derajat 7 bujur timur,dengan luas wilayah 118,4 KM kubik.

Dikatakan Malikul, secara administratif Kota Pangkalpinang terdiri dari 7 Kecamatan,42 Kelurahan, dengan jumlah penduduk tahun 2008: 156.982 jiwa,2010:160.451 jiwa, 2011 : 180.250 jiwa, persentase kemiskinan 3282 RTM (PPLS 2008) dan 4070 RTM (PPLS 2011).

"Seperti diketahui visi Kota Pangkalpinang 2008-2013 sebagai pusat layanan jasa dan perdagangan di Bangka Belitung Tahun 2013. Sedangkan misi diantaranya meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat, mengurangi ketimpangan pendapatan dan secara berangsur mengurangi angka kemiskinan. Selanjutnya memantapkan ketahanan sosial dan kelembagaan masyarakat serta transformasi perilaku kehidupan masyarakat, menyediakan pendidikan bermutu dan terjangkau, menyediakan pelayanan bidang kesehatan yang berkualitas, menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik serta meningkatkan kualitas maupun kuantitas fasilitas infrastruktur untuk perluasan akses," paparnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Pangkalpinang, Fery Insani, mengatakan, kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bappeda ini dapat menyatukan dan mensinergikan program pemberantasan kemiskinan di Kota Pangkalpinang, dimana mereka yang benar-benar miskin diberikan ransangan diantaranya melalui pemberdayaan masyarakat seperti kelompok usaha bersama, pembinaan usaha kecil, pelatihan kewirausahaan bagi UMKM, program pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir, pembangunan rumah miskin, pembangunan rumah layak huni, peningkatan pencaharian masyarakat berbasisi komunitas dan sebagainya.

Di kesempatan sama, Ketua Pokja Pengembangan Kemitraan, Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kota Pangkalpinang, Juhaini menambahkan, tugas Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota adalah melakukan koordinasi penanggulangan dan mengendalikan pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di kota. (df/3).

 

rakyatpos dot com

Terpopuler

Terbaru

PENGGUNAAN DANA DESA PERLU DITINJAU ULANG

PENGGUNAAN DANA DESA PERLU DITINJAU ULANG

SAPA INDONESIA - PENGGUNAAN dana desa yang saat ini cenderung...
SEBAGIAN DANA DESA BANGUN JARINGAN INTERNET

SEBAGIAN DANA DESA BANGUN JARINGAN INTERNET

SAPA INDONESIA - PEJABAT Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten...
DANA DESA UNTUK BUDI DAYA PERIKANAN DARAT

DANA DESA UNTUK BUDI DAYA PERIKANAN DARAT

SAPA INDONESIA - DINAS Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko...
KEJARI BANDA ACEH BENTUK TIM INVESTIGASI DANA DESA

KEJARI BANDA ACEH BENTUK TIM INVESTIGASI DANA DESA

SAPA INDONESIA - KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Banda Aceh membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook