Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SURPLUS PNPM MANDIRI DISERAHKAN KEPADA WARGA MISKIN

kemiskinan-pemiskinan-camatpangkalankerinci

SAPA - Camat Pangkalan Kerinci, Novri Wahyudi hari Jumat kemarin (26/4) telah menyerahkan bantuan paket sembako kepada sejumlah warga miskin. Bantuan itu merupakan hasil dari surplus PNPM Mandiri Pendesaaan tahun 2012 lalu yang dibagikan kepada masyarakat dalam bentuk sembako.

"Sebanyak 25 persen dana surplus PNPM Mandiri pedesaan dikemas dalam bentuk bantuan paket sembako dengan nilai sekitar Rp60 juta lebih dan dibagikan pada sejumlah warga miskin," kata Novri di Pangkalan Kerinci, Jumat (26/4).

Tahun lalu, dana proyek PNPM Mandiri Pedesaan dialokasikan untuk Kecamatan Pangkalan Kerinci dan memperoleh keuntungan 100 persen dari modal awal yang dikucurkan sekitar Rp260 juta. Keuntungan diperoleh tahun lalu mencapai Rp240 juta. "Alhamdulillah keuntungan PNPM Mandiri Pedesaan yang teralisasi tahun 2012 lalu seratus persen. Sehingga 25 persen keuntungan tersebut disalurkan untuk membantu warga kurang mampu di daerah ini dalam bentuk sembako," papar Novri Wahyudi.

Disamping menyerahkan sembako pada warga miskin, Novri juga memberikan dana insentif kepada 14 kelompak usaha di Pangkalan Kerinci yang tergolong lancar dalam mengembalikan pinjamannya. Masing-masing kelompok diberikan insentif sebesar Rp2.850.000. "Memang kita juga memberikan dana insentif Rp2.850.000 kepada setiap kelompok usaha yang dinilai melakukan pengembalian pinjaman tepat waktu. Dana insentif diberikan sebagai bentuk dukungan kita kepada 14 kelompk dinilai berprestasi," tukasnya.

Dikatakan, mengenai alokasi dana PNPM Mandiri pedesaan memang diperuntukan bagi pembangunan masyarakat Kecamatan Pangkalan Kerinci yang sebelumnya diserahkan pemerintah dengan total Rp1,1 miliar. Dari jumlah itu, sebanyak 25 persen diperuntukan untuk dana simpan pinjam perempuan dan 75 persen dari alokasi dana proyek PNPM Mandiri pedesan tahun lalu diperuntukan untuk pembangunan fisik pedesaan.

Program PNPM Mandiri, menurut Novri, diterapkan pemerintah dalam masyarakat sangat efektif dalam melaksanakan pembangunan pedesaan. Saya mengimbau kelompok masyarakat pedesaan di Pangkalan Kerinci agar tidak menunggak dalam pembayaran pinjamannya, agar putaran keuangan PNPM Mandiri lancar dan terus berkembang," ujarnya.

 

fokusriau dot com

Terpopuler

Terbaru

PEMDA DIY KESULITAN ENTASKAN DESA RAWAN PANGAN

PEMDA DIY KESULITAN ENTASKAN DESA RAWAN PANGAN

SAPA INDONESIA - TIGA kecamatan masih mendominasi desa rawan...
KEMBANGKAN POSBINDU SEBAGAI PUSAT PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

KEMBANGKAN POSBINDU SEBAGAI PUSAT PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Purworejo menargetkan...
ANGKA KEMISKINAN DI BOYOLALI DITARGET TURUN 0,5 PERSEN DI TAHUN 2018

ANGKA KEMISKINAN DI BOYOLALI DITARGET TURUN 0,5 PERSEN DI TAHUN 2018

SAPA INDONESIA - MENURUT data dari BPS Boyolali, data makro...
KPK DALAMI TEMUAN DUGAAN PENYELEWANGAN DANA DESA ERA MARWAN JAFAR

KPK DALAMI TEMUAN DUGAAN PENYELEWANGAN DANA DESA ERA MARWAN JAFAR

SAPA INDONESIA - KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook