Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN DI KAB. KARIMUN TURUN DI TAHUN 2013

kemiskinan-pemiskinan-angkakemiskinan

SAPA - Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karimun tahun 2013 angka penduduk miskin Kabupaten Karimun mengalami penurunan berkisar lima persen dari jumlah 8.939, berarti penurunan angka kemiskinan mencapai 500 Kepala Keluarga (KK) dan saat ini dari jumlah semulanya saat ini hanya berkisar 8.000 lebih penduduk miskin kategori penduduk miskin di bumi berazam ini. Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq saat ditemui wartawan usai membuka pelatihan PNPM Integrasi bagi Lurah, Kades, BPD dan LPM se-Kecamatan Karimun di Hotel New Marina, Senin (04/3).

Lanjutnya, jumlah peduduk miskin dari data BPS ada tiga kategori yakni penduduk miskin, penduduk sangat miskin dan penduduk hampir miskin. Untuk kategori penduduk sangat miskin terdapat 1.173 KK, penduduk miskin 3.649 sedangkan penduduk hampir miskin berjumlah 3.649.

"Masih banyaknya jumlah penduduk miskin itu sangat menjadi pemikiran bagi Pemerintah Daerah. Dalam menurunkan angka kemiskinan berbagai upaya diprogramkan diantaranya, pemberian raskin, jamkesmas, jamkesda, dana bantuan BOS, beasiswa bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu, RTLH, bantua kesehatan, bidang pertanian, bidang perikanan dan bidang pertambangan."Ungkap Rafiq.

Lanjutnya lagi, bantuan beasiswa yang diberikan kepada anak-anak dari keluarga tidak mampu Kabupaten Karimun hanya baru mendapat 1.920 sementara jumlah anak-anak tidak mampu sekitar 3.000 lebih, berarti masih ada separuh lagi anak-anak tidak mampu yang belum mendapatkan beasiswa, hal itu dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki. Sedangkan bantuan program Ruma h Tidak Layak Huni (RTLH) di tahun anggaran 2012 lalu kita mendapatkan sebanyak 1.020 unit dan tahun ini sebanyak 750 unit."Ungkapnya lagi.

Tambah Rafiq, pelaksanaan penurunan angka kemiskinan banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi diantara, terjadinya pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi. Hal itu terjad bukan dikarenakan angka kelahiran namun angka migrasi penduduk yang tinggi masuk kedaerah ini."Derah kita ini adalah daerah yang berkembang banyak menciptakan lapangan pekerjaan terbuka sehingga masyaraat dari luar banyak berdatangan. Pada umumnya masyarakat yang urban dan migrasi dari satu tempat ketempat yang lain adalah masyarakat kategori dibawah garis kemiskinan, hal inilah yang menjadi kendala atau permasalahan dalam penurunan angka kemiskinan penduduk."Katanya.

Maka dari itu, program PNPM Mandiri dan intregasi adalah prorgam dari Pemerintah Pusat yang diberikan kepada daerah dalam mempercepat pengentasan kemiskinan. Untuk di Kabupaten Karimun sendiri banyak sekali program-program dalam pengentasan kemiskinan sangatlah banya akan tetapi belum mampu melakukan secara maksimal menurunkan angka kemiskinan didaerah ini."Paparnya.

"Kita harapkan ditahun 2016 habisnya masa periode kepimimpinan kami (Bupati dan Wakil Bupati) nantinya angka kemiskinan mengalami penurunan yang sangat drastis."Pinta Rafiq dengan sungguh.

 

karimuntoday dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

KEMISKINAN MASIH TINGGI, MENKEU CURIGA DANA UNTUK WARGA TAK SAMPAI

SAPA INDONESIA - MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencurigai...
PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR BERASAL DARI TIGA SUMBER INI, DANA DESA TERMASUK DI DALAMNYA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menegaskan...
PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

PADAT KARYA CASH DANA DESA DIPROYEKSIKAN SERAP 5,7 JUTA PEKERJA

SAPA INDONESIA - PROGRAM padat karya cash dari dana desa diharapkan...
WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

WAGUBSU: GUNAKAN DANA DESA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

SAPA INDONESIA - WAKIL Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook