Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, PKH, Raskin, Jamkesmas, Jamkesda, BLT, BOS, BSM, PNPM Mandiri, KUR SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BULUNGAN DITETAPKAN UNTUK PKH 2013

kemiskinan-pemiskinan-mensos3

SAPA - Pada hari Sabtu lalu (16/2) Menteri Sosial (Mensos) Salim Segaf Al Jufri me-launching beberapa program kesejahteraan sosial di wilayah Kalimantan Timur. Program Kesejahteraan Sosial yang dimaksud antara lain adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kampung Siaga Bencana di Tanjung Selor dan ditandai dengan penandatanganan prasasti. Selain launching dalam acara yang dipusatkan di Lapangan Agatish Tanjung Selor itu, Mensos juga menyerahkan bantuan sosial, baik kepada dinas sosial, penyadang cacat, lansia maupun pembangunan rumah sederhana layak huni (PRSLH) untuk komunitas adat terpencil (KAT) yang ada di Kaltim, termasuk di Bulungan.

Untuk program penanggulangan kemiskinan perdesaan ini sendiri, Bulungan mendapatkan sebanyak 50 unit rumah yang masing-masing nilai bantuannya Rp10 juta.

Selain bantuan PRSLH, Bulungan melalui Dinsos juga mendapatkan bantuan satu unit mobil rescue senilai Rp368 juta dari anggaran dekonsentrasi, dan bantuan logistik Kampung Siaga Bencana (KSB) di Tanjung Selor Timur dengan nilai Rp 120 juta.

Bulungan juga ditetapkan untuk PKH 2013, bersama beberapa kabupaten dan kota lainnya di Kaltim seperti Kutai Kertanegara, Nunukan, Malinau, Paser Penajam Utara, Paser, Berau, Kutai Timur, Balikpapan, Bontang, dan Tana Tidung. Sementrara untuk lansia, Bulungan mendapat bantuan untuk usaha ekonomi produktif bagi lansia dengan nilai sekitar Rp30 juta, bantuan program kesejahteraan sosial sekira Rp16 juta, dan bantuan asistensi sosial dengan orang kecatatan sekira Rp 32,6 juta.

Dalam sambutannya, Mensos mengatakan, bantuan yang diberikan adalah bantuan stimulan dari kementerian sosial (Kemensos) untuk memotivasi daerah agar bangkit. Di samping itu juga tidak dipungkiri pihak dunia usaha melalui program corporate social responsibility (CSR) juga bersama-sama membantu pemerintah khususnya di Kaltim.

"Tadi kita sudah lihat bantuan yang diberikan senilai di atas Rp 10, 2 miliar. Yang perlu digarisbawahi, bantuan tersebut adalah untuk membangkitkan semangat anak bangsa dan penerima manfaat," kata Salim usai menyerahkan bantuan kepada penerima manfaat.

"Pemerintah pusat dan daerah selalu akan memberikan perhatian dan melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2010 yaitu pembangunan yang berkeadilan," tambah Mensos yang saat menjadi mahasiswa pernah ke Sekatak.

Yang dimaksud dengan pembangunan berkeadilan tersebut, kata Mensos, harus berpihak pada kelompok miskin, harus membuka lapangan pekerjaan, pertumbuhan yang adil pada seluruh komponen bangsa, dan memperhatikan masalah lingkungan. Ia juga berpesan kepada penerima, khususnya untuk kelompok usaha bersama (KUBE), diharapkan bisa berhasil dan keluar dan kemiskinan. Untuk itu, setiap daerah harus ada pendampingan sehingga bisa lepas dari kemiskinan.

Wakil Gubernur Kaltim Farid Wajdi menyebutkan, sampai saat ini secara nasional Kaltim menempati urutan kelima jumlah penduduk miskin yang paling sedikit yaitu 247.910 jiwa atau 6,68 persen.

"Untuk penanggulangan kemiksinan di Kaltim, saya selaku gubernur telah mengeluarkan surat keputusan tentang pembentukan tim koordinasi penanggulangan kemiskinan Kaltim. Sedangkan program-program pembangunan yang menjadi prioritas adalah program bantuan sosial terpadu berbasis keluarga, program berbasis pemberdayaan masyarakat, program berbasis pemberdayaan usaha ekonomi mikro dan kecil dan lain terkait pro-poor," sebut Farid membacakan sambutan tertulis Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Untuk diketahui, diacara ini juga ditampilkan simulasi penanggulangan bencana banjir sebagai salah satu wujud dari launching KSB di Tanjung Selor Timur yang diperagakan warga Tanjung Selor Timur berkoloborasi dengan relawan yang ada, seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Palang Merah Remaja.

 

radartarakan dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook