Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

MASIH TERLALU DINI UNTUK MENILAI PENURUNAN ANGKA KEMISKINAN

SAPA - Angka kemiskinan di tahun 2012 di negara ini belum bisa turun secara tepat. Hal ini dinilai disebabkan faktor fondasi ekonomi yang rapuh sehingga meleset dari target yang dicanangkan pemerintah.

Namun tulisan tersebut dibantah Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Wynandin Imawan. Menurut dia, masih terlalu dini untuk menilai penurunan angka kemiskinan itu tidak sesuai target yang ditetapkan pemerintah.

"Karena tahun anggarannya belum selesai. Data yang diberikan berdasarkan penilaian hingga bulan September sementara akhir tahun 2012 itu masih sisa 3 bulan lagi dan belum diolah datanya,"katanya Wynandin Imawan kepada wartawan di Jakarta, Jumat (4/1/2013).

Sementara itu Deputi Kemenko Kesra Divisi Penanggulangan Kemiskinan Sujana Royat mengatakan penyebab tidak turunnya angka kemiskinan di bangsa ini disebabkan banyaknya peristiwa dan bencana alam di berbagai pelosok negeri.

"Alhasil banyak penambahan penduduk miskin yang tidak terduga,"ujarnya.

Sebelumnya diberitakan kan pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan itu sejak tahun 2000 hingga tahun 2012 kemarin meningkat dengan tajam. Menurut catatan, anggaran pengurangan kemiskinan pada tahun 2000 itu berkisar 18 triliun dan tahun 2012 mencapai 99,2 triliun. Sayangnya hal itu tidak didukung dengan hasil yang memuaskan.

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Latif Adam mengatakan penyerapan anggaran tersebut tidak terserap dengan baik dan efektif. Dia menuturkan berdasarkan hasil penelitian LIPI di tiga provinsi yakni Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bengkulu membuktikan program pengurangan angka kemiskinan melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) tidak terserap dengan efektif.

"Dari penelitian kami PNPM di tiga Provisi itu hanya 40 persen dana tersebut diberikan kepada rakyat yang benar-benar miskin, sisanya 60 persen itu dinikmati bukan oleh rakyat miskin. Artinya ada jalur yang tidak sesuai target,"katanya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (4/1/2013).

 

Sumber : Obor News

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook