Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

TARGET MELESET KARENA BENCANA

SAPA -Target penurunan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah di angka 10,5 persen-11,55 persen pada 2012 ternyata meleset.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) persentase kemiskinan di Indonesia dari 2002 hingga 2012 kemiskinan hanya turun sebanyak enam persen dari 17,9 persen menjadi 11,9 persen atau rata-rata hanya turun 0,6 persen per tahun.

Menurut Deputi Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenkokesra) Bidang Penanggulangan Kemiskinan, Sujana Royat, melesetnya target tersebut disebabkan banyaknya bencana alam dan sosial yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia.

"Jadi ada semacam penambahan penduduk miskin secara tidak terduga di sepanjang 2012," jelas Sujana saat dihubungi Kamis (3/1).

Bencana alam dan sosial tersebut, menurut Sujana, menciptakan kemiskinan baru di luar kemiskinan absolut yang tengah diupayakan pengentasannya oleh pemerintah.

"Karena itu saat ini kami sedang menunggu laporan analisis terbaru terkait hal tersebut untuk kemudian kami jadikan bahan supaya bisa segera dikonsolidasikan di DPR bagaimana mengatasinya," papar Sujana.

Namun, meski kemiskinan baru tersebut tengah diupayakan solusinya, Kemenkokesra sendiri sebenarnya tetap berfokus pada pengentasan kemiskinan absolut. "Tetap kemiskinan absolut masih menjadi targetan utama," tukas Sujana.

Saat ini, menurut Sujana, dari 3,5 juta rumah tangga sangat misikin yang terdata di Indonesia, baru 2,5 juta yang tertangani oleh pemerintah. "Masih ada satu juta lagi yang belum tertangani," ucap Sujana.

Menurut Sujana penyebab kemandekan penanganan dan target pengentasan kemiskinan tersebut sama sekali bukan persoalan pendanaan melainkan justru kekurangkompakkan masing-masing kementrian dalam melakukan pekerjaanya.


Sumber : Victory News

Terpopuler

Terbaru

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SAAT ini, masih ada satu desa di Boyolali,...
KEMISKINAN TERTINGGI DI JABAR, MENSOS TEGASKAN BUTUH STRATEGI KOMPREHENSIF

KEMISKINAN TERTINGGI DI JABAR, MENSOS TEGASKAN BUTUH STRATEGI KOMPREHENSIF

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan...
PEMKAB KULON PROGO RUMUSKAN PEMUTAKHIRAN DATA KEMISKINAN

PEMKAB KULON PROGO RUMUSKAN PEMUTAKHIRAN DATA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa...
PEMKAB LAUNCHING SID DAN SIK, PENILAIAN TERHADAP GUNUNGKIDUL SELAMA INI DIANGGAP KONTRADIKTIF

PEMKAB LAUNCHING SID DAN SIK, PENILAIAN TERHADAP GUNUNGKIDUL SELAMA INI DIANGGAP KONTRADIKTIF

SAPA INDONESIA - BERDASARKAN data Badan Pusat Statistik (BPS)...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook