Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JUMLAH PENERIMA RASKIN DI BULUKUMBA MENURUN

kemiskinan-sapa-raskin4

SAPA - Jumlah rumah tangga sasaran (RTS) penerima beras miskin (raskin) daerah Bulukumba, Sulawesi Selatan bertambah sebanyak 160 orang kepala keluarga (KK).

Dibanding tahun sebelumnya RTS penerima raskin hanya berkisar 21.460 KK di 10 Kecamatan. Namun, pada 2012 ini badan pusat statistik (BPS) meliris jumlah KK yang berhak menerima mencapai 21.620 orang atau bertambah 160 KK.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD) Bulukumba, Abdul Rahman mengungkapkan, bertambahnya jumlah penerima ini berdasarkan hasil kerja BPS di lapangan, sehingga tidak bisa lagi protes. "Yang berhak menerima karena sudah masuk dalam kreteria," ungkap dia, Rabu 19 September 2012.

Dikatakan, bertambahnya jumlah penerima raskin ini karena terjadinya perpindahan penduduk dari luar Bulukumba yang masuk daerah ini, begitu pun sebaliknya.

Sedang adanya sejumlah kepala keluarga tidak menerima raskin, sebenarnya bukan kesalahan di pemerintah. Menurutnya, pemkab memberikan raskin ke warga kurang mampu berdasarkan atas data yang diterima dari BPS Bulukumba.

"Kami tidak mungkin pilih kasih dalam pemberian raskin. Sebab, memang raskin ini akan diperuntukan ke warga miskin. Hanya, terjadi kesalahan karena ada yang berhak menerima justru tidak kebagian, dan ini kita sementara carikan solusinya," terangnya.

Rahman mengemukakan, pihaknya memberikan tawaran kepada kepala desa melakukan pergantian terhadap penerima khususnya warga mampu justru menerima untuk dialihkan ke warga kurang mampu. Hanya saja, harus di musyawarakan lebih awal agar tidak terjadi masalah.

"Saya sudah disampaikan supaya diganti saja yang tidak berhak menerima, namun menerima agar dialihkan ke warga kurang mampu. Ini untuk menutupi adanya KK yang tidak menerima raskin. Tapi, mereka harus membicarakan baik-baik, jangan sampai ada lagi masalah dibelakang hari," ucapnya.

Terpisah, Kepala Sub Divisi Regional (Divre) Bulukumba Erwin Tora mengemukakan, bahwa pihaknya mendistribusikan raskin ke penerima berdasarkan atas data yang diterima dari pusat. "Kami menyalurkan sesuai data saja. Saya tidak punya wewenang mengubah dan sebagainya

 

bulukumba news

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook