Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BELUM OPTIMAL PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN

kemiskinan-sapa-kemiskinansorongSAPA - Pemerintah hingga saat ini dinilai, belum optimal melaksanakan program pengentasan kemiskinan, khususnya di wilayah perkampungan. Hal itu menyebabkan tingkat kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut, masih sangat rendah, jika dibandingkan dengan masyarakat yang hidup di wilayah perkotaan.

Hal itu diingatkan oleh anggota DPRD Kaimana, Irwan Laturauw, di Gedung DPRD setempat. Dalam pandangannya, pengentasan kemiskinan melalui peningkatan kesejahteraan rakyat seperti program pemberdayaan, belum maksimal dilaksanakan oleh pemerintah. Pasalnya menurut dia, program yang dilaksanakan tersebut tidak ditindaklanjuti dengan program lanjutannya.

Seperti pengembangan budi daya kepiting oleh masyarakat tradisional, tidak ditindaklanjuti dengan program pemeliharaan, pemasaran dan pengetahuan lainnya. Setiap tahunnya, program tersebut tetap ada, tetapi tidak memberikan manfaat. Kepiting yang dijual di pasaran adalah hasil tangkapan nelayan secara tradisional, bukan dihasilkan dari program budi daya tersebut, akunya.

Dia mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk melaksanakan program pada tahun 2013 mendatang, harus dari hulu hingga ke hilir. Jangan yang dikejar hanya proyeknya, tetapi bagaimana meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat program itu harus dilanjutkan oleh rakyat, tidak harus dibantu terus setiap tahun anggarannya. Pemberdayaan harus lebih mengarah kepada kemandirian masyarakat, bukan pemberdayaan menghambat kesejahteraan rakyat. Konsep ini perlu dievaluasi oleh masing-masing pihak, termasuk dengan anggota DPRD sebagai wakil dari rakyat. Hal itu dimaksudkan agar ke depannya, program ini benar-benar diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat, katanya.

Dikatakan, selain budi daya kepiting, budi daya rumput laut, ikan kerapu dan teripang, hingga saat ini belum memberikan keuntungan apa-apa bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Pola ini harus diubah. Jangan kita hanya bagus di atas kertas saja, tetapi harus juga bagus di masyarakat. Karena dana yang dipergunakan adalah dana rakyat, tegasnya lagi.

Dia mengajak seluruh pihak untuk mengawasi pelaksanaan program pengentasan kemiskinan yang dilaksanakan oleh pemerintah, yang tersebar di seluruh SKPD yang ada. Dia juga menambahkan, transparansi anggaran terkait dengan program pengentasan kemiskinan itu pun harus dapat dipublikasikan. Pers akan menjadi motor penggerak dalam melakukan pengawasan terhadap program ini, ingatnya lagi kepada pekerja pers di wilayah ini.


Radar Sorong

Terpopuler

Terbaru

DANA DESA DINILAI BERHASIL MENEKAN URBANISASI

DANA DESA DINILAI BERHASIL MENEKAN URBANISASI

SAPA INDONESIA - PENYALURAN dana desa sejak digulirkan pada...
BANK DUNIA: KEMISKINAN MASIH JADI FENOMENA DI DESA INDONESIA

BANK DUNIA: KEMISKINAN MASIH JADI FENOMENA DI DESA INDONESIA

SAPA INDONESIA - TINGKAT kemiskinan di Indonesia untuk pertama...
TEKAN ANGKA KEMISKINAN, KEMENSOS DORONG PESERTA KUBE JADI USAHAWAN

TEKAN ANGKA KEMISKINAN, KEMENSOS DORONG PESERTA KUBE JADI USAHAWAN

SAPA INDONESIA - PARA pendamping Kelompok Usaha Bersama (KUBE)...
TURUNKAN KEMISKINAN HINGGA 22 PERSEN, BUPATI TTU TERIMA PENGHARGAAN

TURUNKAN KEMISKINAN HINGGA 22 PERSEN, BUPATI TTU TERIMA PENGHARGAAN

SAPA INDONESIA - BUPATI Timor Tengah Utara (TTU) Nusa Tenggara...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook