Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

400 RIBU JIWA DI BREBES KEKURANGAN GIZI

kemiskinan-sapa-kuranggizi
sapa.or.id - Sekitar 400 ribu jiwa di Kabupaten Brebes, hingga kini masih mengalami kekurangan gizi. Hal itu terjadi karena mereka hidup di bawah garis kemiskinan. Tingginya angka kekuragan gizi, kini mendapat perhatian serius dari Unicef.
Bahkan, lembaga dunia itu menjadikan Brebes sebagai pilot project dalam pengentasan kekurangan gizi. Yakni, melalui Program Keluarga Harapan Progresif Pengentasan Kekurangan Gizi atau PKH Prestasi.

Perwakilan Unicef, H Bahrul Ulum SE mengatakan, di Indonesia ada 2 kabupaten yang dijadikan pilotproject dalam pengentasan kekurangan gizi, yakni Kabupaten Brebes dan Kabupaten Sika Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dua wilayah itu dipilih karena dinilai tingkat kekurangan gizinya masih tinggi. 

"Dari data yang ada, Indonesia menduduki urutan ke enam setelah Cina, Thailand, Philipina, dan Vietnam, yang masyarakatnya mengalami kekurang gizi. Indikasinya, sekitar 37 persen ukuran tubuh masyarakatnya pendek dan 18 persennya kurang gizi. Khusus Jawa Tengah sekitar 35,6 persen masyarakatnya kekurangan gizi," ujarnya, Selasa (30/10).

Menurutnya, tujuan dilaksanakan program itu adalah sebagai upaya untuk menanggulangi dan menurunkan angka stuntting anak di bawah umur 2 tahun. Yakni, dengan jalan meningkatkan kualitas pelayanan gizi pada ibu hamil dan anak di bawah 2 tahun.

"Dalam pemberian bantuan nantinya akan diberikan makanan tambahan berupa vitamin dan susu. Selain itu, pemantauan tumbuh kembang anak. Dalam pogram ini, semua akan mendapat bantuan, baik itu dari keluarga miskin maupun kaya, yang memiliki ibu hamil maupun anak di bawah 2 tahun," katanya.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Brebes, Ir H Amin Budi Raharjo mengatakan, sesuai data instanisinya, dari sekitar 2,2 juta jiwa warga Brebes, sekitar 21 persen atau sekitar 400.000 jiwa, atau sekitar 217 ribu Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) mengalami kekurangan gizi.


Sumber : Suara Merdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN TURUN TAPI RENTAN MISKIN MASIH BANYAK

KEMISKINAN TURUN TAPI RENTAN MISKIN MASIH BANYAK

SAPA INDONESIA - PENGAMAT ekonomi Universitas Indonesia (UI)...
3 TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-JK, KEPALA BPS: SUDAH BAGUS!

3 TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-JK, KEPALA BPS: SUDAH BAGUS!

SAPA INDONESIA - MASA pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)...
PEMPROV JATENG BANGUN 568 RUMAH WARGA MISKIN JEPARA

PEMPROV JATENG BANGUN 568 RUMAH WARGA MISKIN JEPARA

SAPA INDONESIA - PEMBANGUNAN rumah tidak layak huni (RTLH)...
DATA KEMISKINAN DIMINTA VALID

DATA KEMISKINAN DIMINTA VALID

SAPA INDONESIA - BUPATI Djoko Nugroho memerintahkan sinkronisasi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook