Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

WARGA MISKIN CAPAI 11.486 JIWA

kemiskinan-sapa-wargamiskin

sapa.or.id - Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Kabupaten Muaro Jambi tercatat ada 11.486 jiwa yang tergolong dalam keluarga miskin. Mereka merupakan warga dengan penghasilan di bawah rata-rata. "Jumlah tersebut berdasarkan penghitungan BPS tahun 2011 lalu. Sedangkan untuk tahun 2012, belum melakukan pendataan secara pasti,"
ujar Kadis Sosnakertrans Muarojambi Nachrowi.

Dari data tersebut, dimana secara rinci, Kecamatan Kumpeh sebanyak 2.871 jiwa, Kecamatan Mestong 1.152 jiwa, Kecamatan Kumpeh Ulu 1.258 jiwa, Kecamatan Sungaigelam sebanyak 1.110 jiwa, Kecamatan Marosebo sebanyak 1.466 jiwa, Kecamatan Sekernan 1.879 jiwa, Kecamatan Jaluko 914 jiwa dan Kecamatan Sungaibahar 830 jiwa.

Lebih lanjut, kata Nachrowi, hingga saat ini pihaknya tidak memiliki program untuk pengentasan kemiskinan tersebut. Sehingga, untuk bantuan ke masyarakat miskin, masih berkoordinasi dengan dinas lain, seperti dinas pertanian dan dinas peternakan.

"Kita tidak memiliki anggaran untuk kegiatan pendataan, sehingga tak bisa melakukan pendataan. Tapi kedepannya, akan kita ajukan dan kita benahi lagi," ungkap Nachrowi. Padahal, dari data yang dimiliki tersebut, merupakan modal yang dapat digunakan untuk meminta bantuan dari pusat. Sehingga, pihaknya bisa memiliki program yang dapat

mengentaskan kemiskinan.

"Kita selama ini tak punya data. Jadi ketika akan mengajukan ke pusat tidak ada bahan. Sedangkan untuk dari pemkab sendiri, kita tidak memiliki anggaran untuk program tersebut," ungkapnya.

Sementara, Kamaluddin Havis, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Muarojambi, mengatakan jika pihaknya pasti akan menyetujui setiap program yang diajukan. "Untuk apa kita setujui, jika ternyata mereka tidak melakukan pendataan dan masih saja menunjukkan data lama," ungkapnya.

Sementara, Syafri Hasibuan, Anggota DPRD Muarojambi mengatakan jika angka 11.486 jiwa itu termasuk angka yang tinggi untuk orang miskin di Muarojambi. Terkait program pengentasan kemiskinan, menurutnya banyak sekali program dari pusat yang bisa diminta untuk Muarojambi. "Jangan beralasan data, karena jika mau dilakukan, maka bisa

saja ada programnya," katanya. Dijelaskan Syafri, jika untuk pendataan, dinas tersebut tidak perlu pusing. Dengan

memberdayakan Pekerja Sosial Mandiri (PSM) yang sudah ada di setiap desa, maka pemerintah bisa mendapatkan data orang miskin secara real. Selain itu, untuk program dari pusat, banyak sekali program yang bisa diajukan. Salah satunya adalah program Koperasi Usaha Bersama (KUBE).


Sumber : Jambi Independent

Terpopuler

Terbaru

KEMISKINAN TURUN TAPI RENTAN MISKIN MASIH BANYAK

KEMISKINAN TURUN TAPI RENTAN MISKIN MASIH BANYAK

SAPA INDONESIA - PENGAMAT ekonomi Universitas Indonesia (UI)...
3 TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-JK, KEPALA BPS: SUDAH BAGUS!

3 TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-JK, KEPALA BPS: SUDAH BAGUS!

SAPA INDONESIA - MASA pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)...
PEMPROV JATENG BANGUN 568 RUMAH WARGA MISKIN JEPARA

PEMPROV JATENG BANGUN 568 RUMAH WARGA MISKIN JEPARA

SAPA INDONESIA - PEMBANGUNAN rumah tidak layak huni (RTLH)...
DATA KEMISKINAN DIMINTA VALID

DATA KEMISKINAN DIMINTA VALID

SAPA INDONESIA - BUPATI Djoko Nugroho memerintahkan sinkronisasi...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook