Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

SOAL SDM, KITA JANGAN BERLEHA...

sdmsapa.or.id - Direktorat Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan Razali Ritonga menyebutkan, pembangunan manusia di Indonesia masih tertinggal. Meski menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan jumlah anak yang dilahirkan akan semakin menurun, akan tetapi menurut keduanya, sistem pendidikan Indonesia tetap perlu ditingkatkan, mengingat Indonesia masih memiliki jumlah pendudukan usia sekolah yang tidak sedikit.

"Kita jangan berleha dengan peningkatan ekonomi terus yang efeknya masih juga belum terasa itu, tetapi peningkatan sumber daya manusia itu penting sekali, apalagi dari setiap 100 orang penduduk usia produktif, 37 orang diantaranya mash dalam usia wajib belajar atau usia sekolah," kata Razali Ritonga, di hadapan peserta seminar yang terdiri dari kepala atau perwakilan SMA Swasta se-Jabodetabek dalam diskusi 'Tranformasi Pendidikan Menghadapi Era Globalisasi' di SMA Santa Theresia, Rabu (17/10/2012).

Guru besar Ekonomi Universitas Pembangunan Jaya Mayling Oey Gardiner menambahkan, dalam menghadapi masa globalisasi sekarang, masyarakat Indonesia tidak boleh berhenti mengembangkan kemampuan dan ilmu pengetahuan.

"Kita harus sanggup belajar terus menerus. Tidak sekolah formal, kita bisa menangkap ilmu dengan pelatihan, sebab kita perlu terus mempersiapkan untuk menghadapi hidup dan pekerjaan di masa mendatang," katanya.

"Saat ini ada perubahan dalam dunia kerja, dan akan lebih banyak lagi jenis pekerjaan yang hilang, serta jenis -jenis pekerjaan yang baru lagi," tambahnya.

Dia mengatakan orang-orang dewasa untuk melatih diri menghadapi semua perubahan terutama dalam bidang teknologi. Gardiner mengingatkan dengan menyebutkan bahwa tugas tukang pos saja sudah tergantikan oleh teknologi e-mail.


Sumber : Kompas dot com

Terpopuler

Terbaru

PENTINGNYA PENGENTASAN KEMISKINAN BAGI GENERASI MUDA

PENTINGNYA PENGENTASAN KEMISKINAN BAGI GENERASI MUDA

SAPA INDONESIA - DIBUTUHKAN kerja sama untuk memberdayakan...
PETANI INDONESIA MASIH HIDUP DALAM KEMISKINAN

PETANI INDONESIA MASIH HIDUP DALAM KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PENGAMAT Ekonomi Faisal Basri mengungkapkan...
TRANSFER KE DAERAH DAN PENGUCURAN DANA DESA CAPAI RP 448,64 TRILIUN

TRANSFER KE DAERAH DAN PENGUCURAN DANA DESA CAPAI RP 448,64 TRILIUN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan mencatat realisasi alokasi...
TATA KELOLA DATA KEMISKIAN PERLU DIPERBAIKI

TATA KELOLA DATA KEMISKIAN PERLU DIPERBAIKI

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH perlu memperbaiki tata kelola data...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook