Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

ANGKA KEMISKINAN MUNGKIN NAIK 1-2 PERSEN PADA SEPTEMBER 2013

Data

SAPA - Anggota Komisi XI DPR RI Arief Budimanta menuturkan bahwa sebagai akibat inflasi yang tinggi pasca kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, angka kemiskinan diperkirakan meningkat sekitar 1-2 persen pada September mendatang dibandingkan Maret 2013.

"Ada shock akibat kenaikan BBM. Mungkin ada tambahan (angka kemiskinan) sekitar 1-2 persen . Kalau kemiskinan sekarang 11,37 persen. Mungkin diatas 12 persen, karena kan inflasi gila-gilaan beberapa bulan terakhir ini," ujar Arief di Jakarta, Jumat (16/8).

Namun, menurut Arief, untuk mencapai target kemiskinan sebesar 10,5 persen, sebenarnya pemerintah tidak membutuhkan usaha keras.

"Artinya seluruh stimulus kebijakan fiskal yang dilakukan pemerintah itu selama ini memberikan efek elastisitas yang tinggi terhadap penurunan kemiskinan," ungkap dia.

Menurut Arief, selama ini pemerintah hanya mengandalkan stimulus seperti PNPM dan BLSM menjadi bantalan terkait kemiskinan. Sementara program terkait infrastruktur dan UMKM tidak memberikan dampak yang signifikan.

"Buktinya gini ratio meningkat. Kemudian klasifikasi dari tingkat masyarakat 20 persen pendapatan terendah, 40 menengah, 20 teratas, dan 20 persen terendah makin lama makin lebar, penguasaan aset makin kecil dan dia (pendapatan teratas) makin banyak," terang dia.

Untuk itu, menurut dia, APBN 2014 ataupun pidato kenegaraan harus memberikan gambaran berupa komitmen yang kuat untuk selesaikan visi dan misi presiden yang pernah disampaikan pada 2009 lalu, yakni Indonesia yang adil, sejahtera, dan demokratis.

"Apa kita sudah makin sejahtera? Mungkin karena ada peningkatan linear. Tetap persoalan growth with equity, apa terjadi pemerataan?," tambah dia.

beritasatu dot com
                                                              Kemiskinan - Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan - Pengentasan Kemiskinan - TKPK - Angka Kemiskinan - Data Kemiskinan - Musrenbang - PNPM Mandiri

Terpopuler

Terbaru

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

KESENJANGAN EKONOMI JOGJA BISA BERBUNTUT KONFLIK SOSIAL

SAPA INDONESIA - KETIMPANGAN ekonomi atau gini ratio DIY yang...
VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

VALIDASI DATA KEMISKINAN HARUS DIDUKUNG SDM DAN ANGGARAN

SAPA INDONESIA - MENCERMATI fenomena angka kemiskinan yang...
BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

BELANJA ROKOK MASYARAKAT KULONPROGO TEMBUS RP96 MILIAR PER TAHUN

SAPA INDONESIA - NOMINAL belanja rokok di Kabupaten Kulonprogo,...
SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SETIAP DESA BERPOTENSI BENTUK BUMDES

SAPA INDONESIA - SETIAP desa memiliki potensi untuk membentuk...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook