Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RIBUAN SISWA MISKIN DI BANYUMAS BELUM TERIMA BANTUAN

kemiskinan-pemiskinan-siswamiskin1

SAPA - Kendati pemerintah telah mengalokasikan bantuan beasiswa bagi siswa miskin (BSM), namun jumlah siswa miskin di Banyumas yang belum menerima bantuan ternyata masih cukup banyak. Bahkan berdasarkan data dari Dinas Pendidikan setempat tercatat masih ada ribuan siswa miskin yang belum tersentuh bantuan.

Kusyanto, kasi Pengendalian Mutu Dikmen Dinas Pendidikan Banyumas mengungkapkan, jumlah siswa miskin jenjang SMA/SMK di Banyumas hasil pendataan tahun 2013 sebanyak 14.705 siswa. Namun dari jumlah itu yang mendapatkan bantuan beasiswa bagi siswa miskin sebanyak 12.709 siswa.

''Artinya masih ada 1.996 siswa yang belum menikmati bantuan yang dikucurkan dari APBN, APBD I maupun APBD II tersebut,'' katanya, Selasa (23/7).

Adapun rincian jumlah penerima BSM itu antara lain, sebanyak 8.004 siswa mendapatkan bantuan yang bersumber dari APBN, 2.891 siswa dari APBN-P, sebanyak 614 siswa dari APBD I (provinsi) dan sebanyak 1.200 siswa memeroleh bantuan dari APBD II (kabupaten). Sementara dana bantuan yang diberikan sebesar Rp 1 juta/siswa/tahun.

Kendati masih kurang, namun Dinas Pendidikan tidak bisa berbuat banyak, sebab selama ini dinas hanya menerima kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten. ''Kami hanya menyerahkan data penerima, tapi kuotanya langsung dari sana,'' ujarnya.

Oleh karena itu, dinas menyambut baik langkah DPRD Banyumas yang mengusulkan tambahan anggaran untuk beasiswa bagi siswa miskin melalui APBD Perubahan 2013 sebesar Rp 500 juta. ''Terus terang kami senang dan menyambut baik dengan langkah itu, sebab siswa miskin yang selama ini belum menerima bantuan, nanti bisa menikmati bantuan itu,'' ungkapnya.

suaramerdeka dot com

Terpopuler

Terbaru

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SAAT ini, masih ada satu desa di Boyolali,...
KEMISKINAN TERTINGGI DI JABAR, MENSOS TEGASKAN BUTUH STRATEGI KOMPREHENSIF

KEMISKINAN TERTINGGI DI JABAR, MENSOS TEGASKAN BUTUH STRATEGI KOMPREHENSIF

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan...
PEMKAB KULON PROGO RUMUSKAN PEMUTAKHIRAN DATA KEMISKINAN

PEMKAB KULON PROGO RUMUSKAN PEMUTAKHIRAN DATA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa...
PEMKAB LAUNCHING SID DAN SIK, PENILAIAN TERHADAP GUNUNGKIDUL SELAMA INI DIANGGAP KONTRADIKTIF

PEMKAB LAUNCHING SID DAN SIK, PENILAIAN TERHADAP GUNUNGKIDUL SELAMA INI DIANGGAP KONTRADIKTIF

SAPA INDONESIA - BERDASARKAN data Badan Pusat Statistik (BPS)...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook