Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, Pemberdayaan Masyarakat SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

RIBUAN RUMAH DI KARIMUN BELUM DIALIRI LISTRIK

kemiskinan-pemiskinan-listrik

SAPA - Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan bahwa berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 7.993 belum menikmati aliran listrik.

Dari jumlah tersebut menurut orang nomor dua di Kabupaten Karimun, yang sudah mendapatkan RTLH sampai 2013 ini ada 2.370 Kepala Keluarga (KK) ditambah dengan 200 rumah program dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) atau dari pemerintah pusat sehingga total rumah yang sudah direhab sebanyak 2570.

Dengan demikian kita masih ada sisa sekitar 5.400 lebih, yang nantinya selama tiga tahun ke depan akan diakomodir. Jika masih belum terselesaikan seluruhnya, maka akan dilanjutkan sesudah tahun 2016 dan terus berkesinambungan sampai tuntas dalam program RTLH.

Lebih lanjut dikatakan Rafiq, memang sebagian besar penerima RTLH di pulau-pulau menggunakan listrik bersumber dari PLTS. Memang rata-rata dari mereka tidak memiliki listrik sebelum menerima program bantuan rumah tersebut. Sehingga dibantu dengan listrik tenaga surya.

"Jika memang nanti diperbolehkan PLN dan ternyata mampu menambah pemasangan daya baru atau pelanggan baru, kita coba yang menerima RTLH ini untuk mendapatkan listrik dari PLN dengan menggunakan anggaran pemerintah yang seharusnya dapat PLTS," katanya.

Ditanya apakah para penerima RTLH nantinya sanggup membayar biaya beban listrik dari PLN? Rafiq menilai tidak mungkin untuk kebutuhan sehari-hari mereka tidak bisa memenuhi biaya pemakaian listrik, yang biayanya tidaklah besar. Namun demikian Raifq mengaku masih akan mempelajarinya.

Untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun berencana akan membuat kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) kepada pihak PLN Tanjung Balai Karimun. Yang bertujuan memenuhi fasilitas listrik kepda masyarakat penerima bantuan rehab Rumah Tak Layak Huni (RTLH).

Aunur yang juga Ketua Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Karimun lebih lanjut mengatakan, selama ini warga penerima RTLH memang mendapatkan fasilitas listrik menggunakan alat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Namun muncul pemikiran khususnya kepada penerima di wilayah perkotaan yang sudah ada jaringan atau pembangkit listrik milik PLN, sehingga itu akan kita manfaatkan untuk dapat bekerjsama memenuhi kebutuhan masyarakat miskin.

"Coba kita berpikiran ke depan bahwa untuk rumah yang direhab berlokasi di daerah perkotaan seperti di Pulau Karimun, yang jangkauan jaringan listrik milik PLN sudah tersedia, kenapa tidak kita coba pikirkan bahwa PLTS ini diganti dengan pemasangan jaringan listrik PLN ke rumah penduduk," ujar Rafiq, kemarin.

Jika hal tersebut (MoU-red) sudah berjalan kata Rafiq, maka tinggal dilakukan pemasangan meteran. Sehingga anggaran untuk PLTS bisa alokasikan atau dialihkan kepada sambungan listrik dari PLN. Hal ini pun dinilai akan lebih efisien dan efektif.

Terkecuali kata Rafiq, bagi masyarakat di pulau-pulau khususnya penerima RTLH yang tidak memiliki genset atau memang tidak tersedianya jaringan listrik PLN, sehingga akan tetap diberikan fasilitas listrik menggunakan PLTS.

"Hal ini pun sedang kita kaji, karena kalau memang sudah ada jaringan listrik milik PLN, tinggal bagaimana kita bekerjasama dengan PLN, apakah mereka masih mampu atau masih bisa menerima untuk penambahan pelanggan baru. Kalau masih mampu kita akan berkoordinasi untuk melakukan MoU antara pemerintah daerah dengan mereka (PLN-red). Sehingga pada tahun 2014-2015 rehab RTLH tidak lagi semuanya menggunakan PLTS," jelasnya.

haluankepri dot com

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook