Kemiskinan, Penanggulangan Kemiskinan, Melawan Pemiskinan, Angka Kemiskinan, Data Kemiskinan, Pengentasan Kemiskinan, Musrenbang, TKPK, PNPM Mandiri SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

BPS : WARGA MISKIN DI MAKASSAR MENINGKAT

kemiskinan-pemiskinan-miskinmakassar

SAPA - Jumlah penerima Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) di kota Makassar terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Berdasarkan data yang ada di Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Makassar periode 2004 -2008, jumlah penerima Jamkesmas 62.000 rumah tangga.

Untuk periode 2008 hingga tahun ini sudah menurun menjadi 42 ribu orang. Disisi lain, jumlah Rumah Tangga Miskin di kota Makassar terus mengalami peningkatan. Sejak 2004-2008, warga miskin yang terdata BPS 62 ribu dan tahun ini mencapai 92 ribu jiwa. Kepala BPS kota Makassar, Abd Haris mengatakan, terjadinya penurunan jumlah penerima Jamkesmas bukan kewenangan BPS.

Itu kewenangan Tim Nasional Pendataan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang terdapat di Bappeda. "Kami hanya melakukan pendataan, yang punya kewenangan siapa dan berapa jumlah penerima. keputusan bukan di  kami, tapi di TNP2K," katanya, Selasa (26/3).

Menurut Abd Haris, dia siap bersama-sama masyarakat untuk duduk bersama-sama di TNP2K. Untuk membuktikan BPS tidak punya kewenangan masalah penentuan jumlah penerima Jamkesmas.

Mereka mengaku, jumlah data rumah tangga miskin yang diserahkan tidak sesuai dengan jumlah yang diakomodir TNP2K. "Kami akui jumlah penerima Jamkesmas menurun menjadi sekitar 42 ribu dari jumlah penerima sebelumny," ungkapnya. Sejumlah warga menilai, data yang ada sekarang dinilai tidak valid atau data BPS tidak mengakomodir seluruh rakyat miskin. Akibatnya, banyak warga miskin tak mendapatkan kartu sehat tersebut.

 

ujungpandangekspres dot co

Terpopuler

Terbaru

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

KUTUH DIJADIKAN “ROLE MODEL” PEMBANGUNAN DESA DI BADUNG

SAPA INDONESIA - WAKIL Bupati Badung, Ketut Suiasa, menegaskan...
PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

PEMERINTAH BAKAL TAMBAH DANA DESA 10% DI TAHUN DEPAN

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat...
KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

KEMISKINAN BENGKULU DAN JANJI KPK YANG DILUPAKAN SANG GUBERNUR

SAPA INDONESIA - GUBERNUR BENGKULU Ridwan Mukti bersama istrinya,...
DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

DANA DESA TAK KUNJUNG CAIR, KEPALA DESA BERANG PEMBANGUNAN TERHAMBAT

SAPA INDONESIA - PENCAIRAN Dana Desa di Kabupaten Purworejo...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook