Penanggulangan Kemiskinan - Melawan Pemiskinan SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

JATAH RASKIN TURUN PEMKOT KESULITAN MENUTUPI KEKURANGANNYA

kemiskinan-pemiskinan-raskinsurabaya

SAPA - Kemungkinan terjadinya kekisruhan dalam pembagian beras untuk warga miskin (raskin) sepertinya tidak direspon postif oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Meski, diketahui pada 2013, pagu raskin yang ditetapkan Pemerintah Pusat untuk Kota Surabaya turun, Pemkot mengaku kesulitan menutupi kekurangannya.

Seperti diketahui, tahun lalu ada sebanyak 78.869 RTS-PM (rumah tangga sasaran-penerima manfaat), sedangkan tahun ini hanya 65.991 RTS-PM atau ada selisih 12.878 RTS-PM.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas KB) Pemkot Surabaya, Antiek Sugiarti, mengatakan pihaknya sudah memberikan penjelasan dan sosialisasi kepada camat dan kelurahan terkait hal ini.

"Kami sudah meminta camat dan lurah untuk menjelaskan kepada RT (Rukun Tetangga) dan RW (Rukun Warga) bahwa yang berwenang mengenai raskin adalah Pemerintah Pusat. Artinya, raskin bukan dari kami. Di sisi lain, kami belum memperoleh persetujuan tambahan anggaran untuk bayar kekurangannya," katanya, Jumat (8/2).

Menurut dia, pihaknya sudah membicarakan hal ini untuk mengalokasikan anggaran bagi warga yang tidak masuk kuota raskin bersama DPRD Surabaya yakni dengan cara mengusulkan raskin daerah (raskinda) pada 2012 lalu. Cuma usulan raskinda tersebut belum ada aturan atau mekanisme untuk mengeluarkan anggarannya.

"Pada 2012 lalu, Pemkot sudah mengusulkan raskinda. Tapi, kami sempat diperiksa pihak berwenang terkait hal ini. Karena itu, untuk tahun ini kami juga tidak menghanggarkan lagi. "Itu masalah," katanya.

Mengenai adanya perbedaan data warga miskin yang mendapat raskin, Antiek mengatakan data yang digunakan pemerintah pusat dalam mengeluarkan raskin bersumber dari data Badan Pusat Statistik (BPS).

Sedangkan data warga miskin yang dikeluarkan Bapemas KB adalah untuk intervensi APBD. Meski demikian, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan BPS untuk mencocokkan perbedaan data.

Sementara itu, Ketua Komisi D (Bidang Kesejahteraan Rakyat) DPRD Surabaya Baktiono, mengatakan, pihaknya membenarkan tidak adanya alokasi untuk raskinda. Ini karena ada pemeriksaan dari pihak berwenang pada saat menganggarkan raskinda tahun lalu.

Menurut dia, pihak kecamatan dan kelurahan harus menyosialisasikan kepada pihak RT dan RW agar tidak terjadi gejolak di masyarakat. Jika ini tidak diatasi segera, pihaknya khawatir akan terjadi konflik. Mengingat kuota raskin yang dikurangi cukup banyak.

Baktiono menambahkan, kebijakan Pemerintah Pusat ini merupakan kebijakan politis agar ada kesan terjadi penurunan angka kemiskinan di Indonesia. Tapi fakta riilnya tidak demikian, masih banyak warga miskin di Surabaya.

Disinggung banyak warga yang ekonominya sudah cukup mengaku masih warga miskin, Baktiono mengatakan, memang ada seperti itu. Tapi, tentunya jumlahnya tidak banyak. Karena, saat ini kondisi ekonomi warga Surabaya banyak yang belum membaik.

 

surabayapost dot co dot id

Terpopuler

Terbaru

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

DESA DIDORONG OPTIMALKAN PENYERAPAN DANA DESA

SAPA INDONESIA - SAAT ini, masih ada satu desa di Boyolali,...
KEMISKINAN TERTINGGI DI JABAR, MENSOS TEGASKAN BUTUH STRATEGI KOMPREHENSIF

KEMISKINAN TERTINGGI DI JABAR, MENSOS TEGASKAN BUTUH STRATEGI KOMPREHENSIF

SAPA INDONESIA - MENTERI Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan...
PEMKAB KULON PROGO RUMUSKAN PEMUTAKHIRAN DATA KEMISKINAN

PEMKAB KULON PROGO RUMUSKAN PEMUTAKHIRAN DATA KEMISKINAN

SAPA INDONESIA - PEMERINTAH Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa...
PEMKAB LAUNCHING SID DAN SIK, PENILAIAN TERHADAP GUNUNGKIDUL SELAMA INI DIANGGAP KONTRADIKTIF

PEMKAB LAUNCHING SID DAN SIK, PENILAIAN TERHADAP GUNUNGKIDUL SELAMA INI DIANGGAP KONTRADIKTIF

SAPA INDONESIA - BERDASARKAN data Badan Pusat Statistik (BPS)...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook