Undang Undang Desa, Kemiskinan, Dana Desa, Pendamping Desa, BUMDes, Pemerintahan Desa, Sistem Informasi Desa, Kesejahteraan, Gerakan Desa SAPA INDONESIA - ALIANSI STRATEGIS MELAWAN PEMISKINAN

Terhubung SAPA

Agenda

Data Kemiskinan

Hubungi Kami

Video

Fotografi

WONOGIRI: MASIH ADA 43.000 RTLH YANG BUTUH BANTUAN REHAB

kemiskinan-sapa-RTLHwonogiri43000

SAPA INDONESIA - BUPATI Wonogiri, Joko Sutopo, menyebut masih ada lebih dari 43.000 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah yang dipimpinnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tak mampu memperbaiki semuanya tanpa dukungan masyarakat dan pihak swasta.

Bupati yang akrab disapa Jekek itu menyampaikan hal tersebut saat menerima bantuan dari program corporate social responsibility (CSR) PT Bank Mandiri di Ruang Khayangan Sekretariat Daerah (Setda) Wonogiri, Rabu (26/10/2016).  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Jekek prihatin atas kondisi tersebut. Menurut dia, kondisi itu tak lepas dari belum terentaskannya masalah kemiskinan di Wonogiri. 

Dia mencatat tingkat kemiskinan di Wonogiri saat ini masih di atas 18 persen. Di sisi lain, Pemkab belum bisa mengatasi masalah RTLH secara langsung karena keterbatasan anggaran.

Pada tahun ini Pemkab menggelontorkan anggaran senilai Rp2,8 miliar untuk bantuan perbaikan 400 RTLH. Setiap RTLH diberi dana stimulan senilai Rp7 juta.

"Pemkab tidak bisa menyelesaikan masalah ini dalam waktu singkat. Tapi saya yakin masalah ini bisa diselesaikan secara bertahap. Oleh karena itu dibutuhkan sinergitas antara Pemkab dengan pihak lain, seperti Bank Mandiri melalui program CSR," kata Bupati.

Dia mengapresiasi Bank Mandiri yang mewujudkan komitmennya membantu warga miskin Wonogiri. Dia berharap program Bank Mandiri terus berlanjut dan nilai bantuannya semakin bertambah sehingga dapat menjangkau lebih banyak RTLH.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Bank Mandiri memberi bantuan senilai Rp300 juta untuk memperbaiki 40 unit RTLH di Selogiri dan Jatisrono. Setiap RTLH mendapat dana stimulan Rp7,5 juta.

Bupati menilai dana bantuan bagi setiap RTLH itu tidak akan bisa langsung menyelesaikan masalah. Perbaikan RTLH membutuhkan dana lebih besar.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Oleh karena itu dia meminta kepala desa (kades) dan camat agar menggerakkan warga agar bergotong-royong membantu memperbaiki RTLH. Dia menginstruksikan kades berlomba mengumpulkan bantuan, baik dana maupun material bangunan, dari warga mampu di desanya agar perbaikan RTLH dapat berjalan lebih maksimal.

"Bagi desa yang bisa mengumpulkan bantuan paling banyak, kuota RLTH yang akan diperbaiki dalam program CSR Bank Mandiri tahun depan bakal saya tambah," imbuh Bupati.

RTLH di Wonogiri tercatat ada 43.208 unit. Anggaran dari APBD 2016 yang dialokasikan untuk perbaikan RTLH mencapai Rp2,8 miliar. Anggaran itu naik dari tahun sebelumnya Rp500 juta.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Area Head Solo Bank Mandiri, Linda Permatasari, mengatakan bantuan dana perbaikan RTLH merupakan wujud kepedulian Bank Mandiri terhadap masyarakat Wonogiri. Dia berharap langkah tersebut bisa menginspirasi masyarakat luas untuk saling berbagi.

Dia menjelaskan program CSR kali itu dibiayai Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Bank Mandiri.  PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Sumber: Solopos dot com
                     PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Terpopuler

Terbaru

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

WONOSOBO TERPILIH JADI PERCONTOHAN OPEN DATA KEUANGAN DESA

SAPA INDONESIA - KEMENTERIAN Dalam Negeri memprediksi, alokasi...
DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

DANA DESA STIMULASI PEMBENTUKAN 18.446 BUMDES

SAPA INDONESIA - DANA desa sudah dicairkan sekira 95,54%. Sejak...
SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SLEMAN: 6 DESA BELUM REALISASIKAN BANTUAN

SAPA INDONESIA - PENYERAPAN Dana Desa (DD) di enam desa di...
MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

MENDAGRI PERKIRAKAN DANA DESA 2018 CAPAI RP103 TRILIUN

SAPA INDONESIA - MENTERI Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memperkirakan...

LAPOR!

Untitled Document

Terhubung dengan SAPA

Multimedia

Temukan Kami di Facebook