Analisa Kemiskinan

Pembangunan yang dilaksanakan di setiap negara secara hakiki menginginkan pencapaian kesejahteraan penduduk setinggi-tingginya. Keberhasilan pencapaian tingkat kesejateraan penduduk yang tinggi sudah barang tentu akan memberikan banyak hasil positif baik bagi pemerintah maupun rakyatnya. Namun sebaliknya, kurang berhasilnya program-program pembangunan sudah barang tentu akan membuat nilai kesejahteraan penduduk menjadi rendah. Salah satu kemungkinan yang terjadi adalah meluasnya kemiskinan di mana-mana.

Analisa kemiskinan adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk melakukan pengujian dan evaluasi terhadap program-program pembangunan yang diselenggarakan pemerintah. Analisa-analisa juga diperlukan dalam mengevaluasi dan menguji kebijakan-kebijakan pembangunan (pro poor) yang akan dan telah digariskan pemerintah.

Analisa-analisa kemiskinan diharapkan juga dapat menjadi salah satu acuan di dalam penentuan program/kebijakan pemerintah dalam pengentasan kemiskinan sehingga menjadi lebih transparan, bersifat pro poor dan partisipatif bagi seluruh elemen bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *